Honda Jazz Generasi Baru Bakal Pakai Teknologi <i>Hybrid</i> Ala F1
All New Honda Jazz bermesin Formula 1 (dok. Honda)

Bagikan:

JAKARTA - Honda sudah cukup lama vakum dan tidak meluncurkan generasi terbaru dari varian Jazz. Kali ini, Honda Motor Europe Ltd berencana untuk meluncurkan generasi terbaru Jazz berdasarkan teknologi mobil balap Formula 1.

Berbekal pengalaman dari tim balap F1, pabrikan asal Jepang ini merancang mesin baru berbasis Hybrid Power Unit, yang akan disematkan ke dalam sistem e:HEV. Teknologi ini rencananya akan diaplikasikan pada model terbaru All New Honda Jazz yang rencananya akan diluncurkan akhir tahun ini. 

Yasuaki Asaki, Head of PU Development Honda Motor Europa mengatakan teknologi hybrid ini telah dimanfaatkan tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Toro Rosso, lewat mesin Honda RA620H 1.600 cc 6-silinder dengan energy recovery system. Pengaplikasian mesin ini juga yang berhasil mengantarkan tim Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Toro Rosso tiga kali kemenangan konstruksi mesin.

Honda Jazz (dok. Honda)

“Di sepanjang balap Formula 1, tim kami dengan cermat telah mengukur berapa banyak bensin yang dikonsumsi agar dapat mengikuti ketentuan dari penyelenggara balap," kata Yasuaki Asaki seperti dikutip dari WheelsJoint, Senin 29 Juni.

Dengan menggunakan sistem e:HEV, mesin hybrid akan mendaur ulang energi dan memanfaatkannya untuk mengisi baterai dan menciptakan tenaga yang lebih besar. Di mana mesin ini terdiri dari dua komponen motor listrik, mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan transmisi fixed-gear melalui intelligent power control.

"Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun," jelasnya.

Dibandingkan penggunaan transmisi konvensional, All New Honda Jazz kini dilengkapi transmisi Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (eCVT) dengan single-fixed gear untuk menciptakan koneksi langsung antara beberapa komponen. Hal itu menghasilkan torsi halus dan responsif saat berakselerasi di semua mode berkendara.

Hybrid Drive atau mesin bekerja dengan menyalurkan energi ke generator listrik, yang kemudian disalurkan ke motor penggerak listrik, dan Engine Drive, dimana mesin berbahan bakar bensin terhubung langsung ke roda melalui lock-up clutch dan daya gerak ditransmisikan secara langsung dari mesin ke roda.