Bagikan:

JAKARTA - Usai tampil di gelaran Japan Mobility Show 2023 lalu, Honda Prelude Concept akan hadir di Eropa untuk pertama kalinya, tepatnya dalam gelaran Goodwood Festival of Speed mulai 11-14 Juli mendatang.

Kehadiran model ini juga menandai 25 tahun eksistensi teknologi hybrid Honda di Eropa. Prelude Concept diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan kendaraan elektrifikasi di wilayah tersebut.

Chief Engineer and Large Project Leader Honda Motor Tomoyuki Yamagami, mengatakan model tersebut tidak hanya menawarkan teknologi ramah lingkungan, melainkan juga kesenangan dalam berkendara yang sporty.

“Selain itu, Prelude menunjukkan pentingnya powertrain hybrid sebagai bagian dari strategi elektrifikasi mobil Honda, sebuah langkah penting menuju komitmen kami untuk 100 persen penjualan kendaraan baru menggunakan baterai listrik atau sel bahan bakar hidrogen pada tahun 2040,” kata Yamagami dikutip dari laman resmi pabrikan, Selasa, 9 Juli.

3

Sayangnya, Honda masih bungkam mengenai spesifikasi sedan tersebut. Namun, diperkirakan Prelude versi produksinya akan menggunakan teknologi hybrid e:HEV dari Civic, yakni mesin bensin 2,0 liter bekerja sama dengan sepasang motor listrik dan menghasilkan tenaga 180 dk dengan konsumsi BBM 24 km/l.

Coupe baru ini diperkirakan akan menggunakan sasis yang sebagian besar sama dengan Civic, dengan subframe aluminium ringan bersama dengan track belakang yang lebar dan suspensi depan double-wishbone.

Yamagami juga menjelaskan bahwa pengembangan Prelude berfokus pada pengendalian pengemudi. Tidak hanya itu, pihaknya juga akan memberikan perhatian khusus pada aspek emosional mesin.

“Ini adalah linearitas, progresivitas, semua aspek inilah yang berdampak pada sensasi pengemudi,” ucap Yamagami dalam laman Autocar.

4

Diperkirakan mobil tersebut dalam bentuk produksi akan meluncur di paruh kedua tahun 2025 dan tidak akan tampil menjadi mobil sporty atau lincah. Selain Jepang, Honda belum lagi umumkan pasar mana yang akan menawarkan Prelude terbaru ini.

Sebelumnya, model ini telah ada selama lima generasi dan mengalami serangkaian perubahan, termasuk desain ikonis dengan lampu depan pop-up pada generasi kedua hingga ketiga.

Secara singkat, Honda Prelude Concept kembali mengalami perubahan desain yang lebih segar pada generasi berikutnya, menjadikannya cocok untuk dikendarai di wilayah perkotaan. Namun, model ini harus dihentikan produksinya pada Oktober 2001 karena penjualan yang semakin menurun di pasar global.

Di Eropa, pabrikan berlogo ‘H’ ini menjual sejumlah model elektrifikasi berteknologi e:HEV, yakni Jazz, Civic, HR-V, ZR-V, dan CR-V.