Debut di Indonesia, All-New Honda CR-V Raih Predikat Mobil dengan Keselamatan Tertinggi
All-New Honda CR-V saat diuji tabrak oleh ASEAN NCAP. (Dok. Honda Prospect Motor)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak debut globalnya pada 2022 lalu, All New Honda CR-V mendapatkan beberapa tanggapan positif terkait segala aspek.

Aspek tersebut mencakup desain, teknologi, dan performa yang andal dan berbeda dari generasi sebelumnya. Selain itu, Honda juga mampu menyediakan SUV tersebut dengan sistem keselamatan dan keamanan tingkat tertinggi.

Ini dibuktikan oleh hasil yang diraih All New Honda CR-V dalam pengujian keselamatan yang dilakukan oleh ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia) baru-baru ini.

Dalam pengujian tersebut, All New Honda CR-V berhasil meraih nilai keselamatan tertinggi, yakni lima bintang dengan hasil 87,16 dari 100.

Mobil yang baru saja menyapa pasar Indonesia ini telah melewati serangkaian uji tabrak dengan hasil terbaik. Untuk uji tabrak depan dan samping, All-New Honda CR-V meraih nilai dengan 77,07 dari 100.

Lalu, untuk keselamatan orang dewasa, Honda CR-V generasi keenam tersebut meraih angka 31,45 dari 32. Kemudian untuk keselamatan anak-anak, SUV tersebut meraih nilai 45,81 dari 51.

Angka tersebut diikuti hasil positif dari pengujian lain seperti Safety Assist Technologies dengan hasil 19,50 dari 21 dan keselamatan pengendara motor dengan 9,05 dari 16.

Yusak Billy, selaku Sales & Marketing and Aftersales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan bahwa pencapaian dari All-New Honda CR-V tersebut berkat fitur keselamatan yang dihadirkan sehingga dapat melewati prosedur dan pengujian yang ketat dari ASEAN NCAP.

"Pencapaian yang diraih All New CR-V semakin menunjukkan komitmen Honda terhadap keselamatan penggunanya dan mewujudkan visi untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi pengemudi maupun seluruh pengguna jalan," kata Billy dalam keterangan resminya, Senin, 21 Agustus.

Honda menjadi pabrikan dengan model terbanyak yang mendapatkan nilai tertinggi dari ASEAN NCAP selama sepuluh tahun terakhir. Sejak 2012, ASEAN NCAP telah menguji beberapa model dari Honda, seperti City, Civicm CR-V, Jazz, HR-V, BR-V, WR-V, Brio, Brio Amaze, dan Accord.

Di Indonesia, All-New Honda CR-V dihadirkan dengan dua opsi jantung pacu, yakni mesin bensin 1,5 liter dan mesin bensin 2,0 liter yang dibekali sistem Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Varian awal Honda CR-V 2024 dilengkapi dengan mesin 1,5 liter turbocharged 4-silinder, yang menghasilkan daya hingga 187 dk dan torsi 243 Nm. Varian ini tersedia dengan sistem penggerak dua roda (2WD) dan semua roda (AWD).

Sementara untuk varian hybrid, Honda CR-V e:HEV RS memiliki mesin 2,0 liter 4-silinder Atkinson Cycle DOHC yang berkolaborasi dengan dua motor listrik, menghasilkan daya hingga 204 dk dan torsi 335 Nm dan baterai lithium-ion berkapasitas 1,06 kWh.

Pabrikan berlogo "H" tersebut juga menghadirkan fitur keselamatan dalam "Honda Sensing", yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Auto High Beam (AHB).

Terkait harga, untuk tipe 1.5 L turbo, dibanderol Rp739,9 juta (OTR Jakarta). Sementara untuk tipe 2.0 L atau All New CR-V Hybrid, harganya Rp 799,9 juta (OTR Jakarta).