Bagikan:

JAKARTA - Tak ada kepuasan lain bagi produsen mobil performa tinggi jika bisa mencetak rekor dan mengukir sejarah atas unit yang diproduksi. Salah satu perlombaan yang paling sengit di kelas produsen ini adalah menciptakan mobil paling cepat di dunia.

Saat ini, gelar mobil tercepat di dunia masih dimiliki oleh Bugatti Chiron Super Sport 300+, yang mencatatkan rekor dunia dengan kecepatan mencengangkan, yakni 490.484 km/jam pada bulan Agustus 2019.

3

Chiron Super Sport 300+ adalah penyempurnaan dari tipe Chiron Super Sport dengan desain aerodinamis yang dioptimalkan untuk mencapai kinerja kecepatan yang luar biasa.

Nama "Chiron Super Sport 300+" diambil dari nama pengemudi terkenal Monégasque Louis Chiron, dan dirancang oleh Achim Anscheidt bersama timnya. Mobil ini dirilis pada 2 Agustus 2019 dengan harga mencapai 3,9 juta dolar AS pada saat itu dan hanya diproduksi dalam jumlah terbatas, yaitu hanya 30 unit di seluruh dunia.

Chiron Super Sport 300+ ditenagai oleh mesin W16 berkapasitas 8.0 liter yang dilengkapi dengan empat turbocharger, menghasilkan tenaga luar biasa sebesar 1578 tenaga kuda, dan mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu singkat, hanya 2,4 detik.

Namun, daya tanpa kestabilan adalah hal yang berbahaya, terutama ketika mencapai kecepatan yang belum pernah tercapai oleh mobil produksi sebelumnya. Namun, rancangan mobil ini adalah perpaduan sempurna antara tenaga, powertrain, berat, dan aerodinamika.

Chiron Super Sport 300+ memiliki 'ekor panjang' sekitar 25 cm yang meningkatkan aerodinamika lebih dari 40%. Tirai udara yang menghiasi sudut depan mobil mengalirkan tekanan udara berlebih ke sisi mobil. Pada saat yang sama, saluran udara di sekitar lengkungan roda dan di belakang roda depan mengarahkan tekanan udara berlebih dari setiap lengkungan roda, mengurangi drag dan menciptakan sedikit angka negatif.

Setiap model Chiron Super Sport 300+ memiliki bodi serat karbon eksklusif dan aksen Jet Orange yang melambangkan keanggunan dan ketangguhan yang luar biasa. Penggunaan serat karbon dalam jumlah besar terlihat pada penutup mesin mobil, bahkan pada penghapus kaca depan, yang berkontribusi pada penghematan berat yang penting untuk membantu mobil hypersport ini mencapai kinerja luar biasa.

5

"Sejarah Bugatti telah mencatat kendaraan-kendaraan yang menjadi ikon di masanya. Type 35 mengubah dunia balap, Type 41 Royale mendefinisikan kemewahan, Type 57 SC menetapkan standar baru dalam desain, dan sekarang ada Chiron Super Sport 300+ yang berhasil mencapai kecepatan yang sebelumnya dianggap mustahil untuk mobil produksi. Prestasinya telah mengukuhkannya sebagai legenda dalam buku sejarah Bugatti, dan kami sangat senang telah melihat semua 30 unit Chiron Super Sport 300+ diserahkan kepada beberapa pelanggan setia kami," ungkap Christophe Piochon, Presiden Bugatti Automobiles, dalam ruang media perusahaan pada Juli tahun lalu.

Semua 30 unit Chiron Super Sport 300+ telah diserahkan kepada pemilik masing-masing pada bulan Juli 2022. Ini adalah puncak prestasi Bugatti yang tak terlupakan dalam evolusi mobil super.