Salah Pasang Pelek, Bugatti Tarik Kembali Satu Unit Chiron Super Sport
Bugatti Chiron Super Sport 2023. (Dok. Bugatti)

Bagikan:

JAKARTA - Bugatti, pabrikan supercar asal Prancis, baru-baru ini mengumumkan recall langka untuk model Chiron Super Sport. Oleh sebab, kendaraan yang terkena recall hanya satu unit Chiron Super Sport tahun produksi Maret 2023.

Bugatti melakukan recall Chiron Super Sport 2023 karena pemasangan pelek yang tidak tepat. Hal ini dapat berdampak negatif pada performa mobil, terutama saat digunakan dengan kecepatan tinggi.

Dilansir dari Motor1 pada hari Rabu, 14 Juni, Chiron yang terpengaruh memiliki pelek BBS ringan yang dipasang pada Chiron Sport, padahal pelek tersebut tidak sesuai dengan varian Super Sport.

Pemasangan pelek yang tidak tepat ini dapat menimbulkan risiko yang berbahaya saat kendaraan dikemudikan dalam mode Top Speed. Namun, jika kendaraan dikemudikan dalam mode lainnya, maka masih aman. Kesalahan pemasangan pelek ini terjadi karena adanya kesalahan pada sistem IT selama proses perakitan di pabrik.

Dengan menggunakan pelek yang tidak tepat, gaya tekanan ke bawah dapat berkurang, yang pada akhirnya dapat mengganggu penanganan kendaraan pada kecepatan tinggi yang berbahaya. Bugatti telah memeriksa semua konfigurasi kendaraan yang tersisa dan belum merakit kembali Super Sport setelah ditemukan kesalahan pemasangan pelek. Tidak ada kesalahan pemasangan pelek yang ditemukan pada kendaraan lainnya.

Bugatti akan menghubungi pemilik kendaraan yang terkena dampak untuk mengatur penggantian pelek secara gratis. Penggantian tersebut mencakup ban baru, katup, dan sensor.

Ini bukan kali pertama recall dilakukan untuk satu unit kendaraan oleh pabrikan otomotif. Sebelumnya, Land Rover melakukan recall untuk satu unit model Range Rover 2023 di AS. Recall tersebut dilakukan karena kebocoran oli pada mesin V8 4,4 liter yang dapat menyebabkan kebakaran.