Achim Anscheidt Mundur dari Kepala Desain Bugatti Setelah 19 Tahun Menjabat
Bugatti Bolide, salah satu mahakarya Achim. (Dok. Bugatti)]

Bagikan:

JAKARTA - Achim Anscheidt, sosok di balik desain beberapa model mobil tercepat Bugatti, telah memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai kepala desain pabrikan setelah 19 tahun menjabat. Periode kepemimpinannya ini telah melahirkan beberapa model ikonik Bugatti, seperti Chiron, Chiron Super Sport, Veyron, Divo, Mistral, dan Bolide.

Dengan rasa hormat, Achim menyatakan kebanggaannya atas kontribusinya dalam mengembangkan model-model yang menjadi mobil paling disegani di kelasnya.

"Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung Bugatti dan departemen desain kami, yang telah membantu Bugatti mencapai posisi yang akan membuat Ettore dan Jean (pendiri Bugatti) bangga," kata Anscheidt dalam pernyataan resmi Bugatti, Kamis, 20 Juli.

2
Sketsa Bugatti Chiron hasil karya Achim. (Dok. Bugatti)

Christophe Piochon, Presiden Bugatti Automobiles, mengakui bahwa mendesain mobil Bugatti memerlukan keahlian khusus untuk menjadi yang terbaik. Achim memiliki pemahaman teknis yang alami mengenai semua tuntutan ini, mampu menciptakan keindahan dari kebutuhan fungsional mobil.

Walaupun mundur dari jabatan kepala desain, Achim tidak akan sepenuhnya meninggalkan Bugatti. Sebagai penasihat senior bagi CEO Bugatti Rimac, Mate Rimac, ia akan turut berkontribusi dalam menghadirkan model terbaru dari Bugatti.

Cinta Achim pada dunia otomotif diturunkan dari ayahnya, Hans-Georg Anscheidt, yang merupakan juara tiga kali di ajang balap motor dunia kelas 50 cc. Ia telah memulai kariernya dalam desain mobil pada usia 20 tahun.

2
Achim Anscheidt, Kepala Desainer Bugatti. (Dok. Bugatti)

Pendidikan desainnya dimulai di ArtCenter College of Designe di Pasadena, California, AS, dan lulus pada tahun 1993. Setelah itu, Achim bergabung dengan Porsche Design Weissach sebagai desainer junior.

Pada tahun 2004, VW Group memberikan kesempatan kepada Achim sebagai ahli desain di Barcelona dan Berlin. Dan inilah yang akhirnya menghubungkannya dengan Bugatti.

Sejak menjabat sebagai kepala desain Bugatti pada tahun 2004, Achim telah memimpin proyek Veyron dengan mengembangkannya menjadi lebih baik. Di bawah kepemimpinannya, model-model seperti Veyron Grand Sport Vitesse dan Veyron Super Sport berhasil dikenal sebagai mobil performa tinggi.

Saat ini, tanggung jawab kepala desain Bugatti telah diserahkan kepada Frank Heyl. Heyl akan menghadapi tugas menarik dalam mengembangkan penerus Chiron serta beberapa model lainnya di masa mendatang.

Heyl akan meneruskan visi Achim, bekerja sama dengan Mate Rimac, untuk menghadirkan model-model hingga sekitar tahun 2030. Penerus Chiron telah melalui proses penggambaran selama lebih dari dua tahun dan akan diperkenalkan pada tahun 2024 sebelum diluncurkan ke pasar pada 2026.