Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan mobil mewah Bugatti resmi memperkenalkan Bugatti terbaru, Tourbillon. Mobil hybrid buatan tangan bermesin V-16 penerus Chiron ini dibanderol dengan harga fantastis 4.1 juta dolar AS (setara Rp67,4 miliar).

Tourbillon tampil dengan desain khas Bugatti yang langsung bisa dikenali. Disebut di laman pabrikan, hari ini, 21 Juni, desainnya mengusung filosofi "Form Follows Performance", hypercar ini membawa DNA 115 tahun Bugatti ke era baru. 

Meski mengusung proporsi baru, aura Bugatti tetap terpancar kuat. Mobil ini sengaja dirancang untuk tampil abadi namun tetap mengedepankan performa. Setiap detailnya disempurnakan dengan cermat untuk menyeimbangkan performa aerodinamis dan termodinamis, sebagaimana warisan desain Bugatti. Sementara setiap elemen interiornya dipilih dengan cermat memancarkan keunggulan. Dari titanium, kayu, kasmir, hingga safir.

5

Mesin Baru, Era Baru

2

Performa luar biasa jelas membutuhkan mesin yang luar biasa pula. Bugatti Tourbillon dibekali mesin V16 naturally-aspirated yang dikembangkan dari nol dengan teknologi Formula 1. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 1.000 daya kuda (dk) dan torsi 240 Nm dengan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya 2 detik.

Tourbillon tak hanya sekedar bertenaga, tapi juga cerdas. Tenaga instan dan fleksibilitas torsi terbaik membuat Tourbillon diklaim sebagai Bugatti paling dinamis sepanjang masa.

Tiga motor listrik yang menghasilkan tambahan 800 dk melengkapi rangkaian tenaga Tourbillon. Kehadiran motor listrik ini semakin mempertegas performa emosional mesin V16 naturally-aspirated.

Tourbillon dapat berjalan dalam mode hybrid atau elektrik penuh. Fitur ini memungkinkan pengemudi memasuki zona khusus kendaraan listrik di perkotaan dengan mudah.

Meski memiliki baterai dan motor listrik, bobot Tourbillon tetap ringan. Hypercar ini justru menjadi Bugatti dengan performa paling fantastis. Sebagai mahakarya aerodinamika dan tenaga, Tourbillon mampu melesat hingga kecepatan 445 km/jam.

3

Konsep Monocoque Baru

Tourbillon menggunakan monocoque canggih yang terbuat dari material komposit karbon berkelas penerbangan. Material ini dirancang dengan teliti untuk mengintegrasikan casing baterai dan saluran udara depan sebagai bagian struktural. Setiap komponennya dioptimalkan untuk menghasilkan bobot minimal dan performa maksimal.

Bugatti Tourbillon saat ini masih dalam tahap pengujian lebih lanjut dan disebut akan dikirimkan pada pelanggan pada tahun 2026  yang hanya tersedia sebanyak 250 unit untuk pengiriman pertama.