Bagikan:

JAKARTA - Mercedes-Benz di Indonesia telah diakuisisi oleh Inchcape dan Indomobil pada akhir 2023 lalu. Sejak saat itu, pabrikan melakukan sejumlah gebrakan yang berperan dalam memajukan industri otomotif tanah air. Mulai dari peluncuran model baru bermesin ICE murni, hybrid, hingga Electric Vehicle (EV) murni dan semuanya berkontribusi terhadap penjualan merek dari Jerman ini di tanah air.

Sales and Marketing Director PT Inchcape Indomobil Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto, mengatakan bahwa penjualan kendaraan Mercedes-Benz di Indonesia pada lima bulan pertama mencapai 955 unit.

“Kalau bicara penjualan secara global di kuartal pertama, kami menjual 568.400 unit kendaraan di seluruh dunia. Sedangkan pasar Indonesia periode Jan-Mei terjual 955 unit,” kata Kariyanto kepada media di MH Thamrin, Jakarta, Kamis, 20 Juni.

Kariyanto menambahkan, model Mercedes-Benz terlaris di Indonesia terdiri dari C-Class, GLA, dan GLC dengan segmen SUV menguasai pasar ini.

“Dari penjualan top 3 modelnya adalah C Class, GLA dan GLC.  Tren khususnya di segmen kami itu SUV lebih tinggi. Total penjualan sampai Mei sedan ambil pangsa 45 persen, SUV 50 persen dan van 5 persen,” tambah Kariyanto.

Ia juga memastikan bahwa pihaknya akan meluncurkan total tujuh kendaraan terbaru di tanah air sampai akhir tahun dan optimis tren penjualannya akan meningkat.

“Bicara peluncuran kendaraan baru setelah EQE SUV, kami masih akan ada 7 kendaraan baru lagi sampai akhir tahun. Tentu termasuk yg sudah dinantikan penggemarnya the new E-Class yg akan  meluncur di GIIAS Juli mendatang,” jelas Kariyanto.

Mercedes-Benz E-Class generasi keenam diperkenalkan secara global pada 2023 lalu, memiliki desain yang lebih berkelas dan mewah. Tidak hanya itu, sedan tersebut juga usung teknologi lebih canggih dibandingkan model sebelumnya.

Di pasar luar, mobil ini ditawarkan dengan dua trim, yakni E 350 dan E 450. Varian E 350 dibekali mesin 2,0 liter 4-silinder turbocharged dengan motor listrik kecil berteknologi mild-hybrid, yang dapat mengeluarkan daya 255 dk dan torsi 399 Nm dan tersedia penambahan 20 dk.

Untuk E 450, performa yang ditawarkan jauh lebih impresif. Dengan mesin Turbo I6 disertai sistem mild-hybrid, tenaganya bisa mencapai 375 dk dan torsi 500 Nm, serta menyediakan juga tambahan 20 dk.