Bagikan:

JAKARTA - Suzuki Swift generasi terbaru tertangkap kamera sudah ada di Indonesia, di mana terlihat tengah berada di wilayah Cimahi, Jawa Barat. 

Dari pantauan VOI di laman Instagram Influencer otomotif @indra_fathan, tampang Suzuki Swift generasi terbaru yang belum lama ini meluncur di India sangat jelas.

"Siapa yang kangen dengan Suzuki Swift? Rupanya versi terbarunya sudah ada di Indonesia, bahkan lagi jalan-jalan di Kota Cimahi," tulis cuitan tersebut. 

2
(Foto: Instagram @indra_fathan)

Seperti diketahui, Suzuki Swift sendiri di Indonesia keberadaannya telah dihentikan ada 2017 silam, tepatnya pada saat menginjak generasi II. Bahkan generasi III pihak SIS tidak pernah memasukkan model tersebut dalam daftar line up-nya. Posisinya digantikan oleh Suzuki Baleno Hatchback yang dikirim dengan skema CBU dari India beberapa saat kemudian.

Apakah benar Suzuki Indonesia akan membawa model baru ini ke tanah air lagi? Menanggapi hal tersebut 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel angkat bicara.

"Menanggapi gambar yang tersiar di sosial media, bahwa kepemilikan kendaraan Suzuki Swift biru tersebut bukan milik Suzuki Indonesia. Mungkin pembeli tersebut membeli dari importir umum. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas pilihan konsumen tersebut yang masih membeli produk Suzuki global," katanya, saat dihubungi VOI, Kamis, 20 Juni. 

Bicara Suzuki Swift generasi terbaru, merupakan produk yang masih relatif sangat baru. Mobil ini diperkenalkan sebagai Swift Concept pada Oktober 2023 silam dan mulai produksi di Jepang mulai pada 6 Desember 2023. Sedangkan untuk produksi di luar Jepang hanya dilakukan oleh Maruti Suzuki, India tepatnya pada Maret 2024. 

Untuk pasar India, sudah resmi hadir pada 13 Mei lalu dengan membawa berbagai perubahan dari generasi sebelumnya. Hatchback generasi keempat ini hadir dengan desain sporty dan dinamis dengan pabrikan mempertahankan siluetnya yang khas, namun dibekali dengan pencahayaan LED di bagian depannya. 

Berpindah ke bagian kabin, mobil ini memiliki dasbor yang berorientasi pada pengemudi dengan kemiringan 8 derajat sehingga menciptakan keselarasan antara pengemudi dan mobil. Selain itu, mobil tersebut memiliki setir kemudi flat-bottom yang kekinian. 

Menariknya, berbeda dengan sebelumnya, Swift terbaru dibekali dengan mesin Z-series terbaru yang tidak hanya dirancang untuk kesenangan berkendara melainkan juga untuk mobilitas berkelanjutan. Mesin tersebut memiliki kapasitas 1.197 cc yang diklaim dapat menawarkan emisi rendah dan dapat memompa tenaga hingga 81,58 ps pada 5.700 rpm dan torsi puncak 111,7 Nm pada 4.300 rpm.

Selain itu, bagian internal dilengkapi dengan water pump sebagai pendinginan mesin serta sensor air-flow Lambda yang dapat menurunkan emisi CO2 hingga 12 persen. Pabrikan mengeklaim, sistem ini memiliki efisiensi BBM hingga 25,75 km/l.

"Di doakan saja," ketika ditanya menghadirkan model terbaru ke pasar Indonesia.