Bagikan:

JAKARTA – Setelah sukses merilis Swift generasi terbaru pada akhir 2023 dengan pembaruan signifikan dan teknologi mild-hybrid, Suzuki kini tengah mempersiapkan varian yang lebih bertenaga dan sporty.

Menurut laporan dari media Jepang Best Car, Rabu, 2 Oktober, peluncuran Swift Sport ini akan lebih cepat dari perkiraan. Jika sebelumnya dirumorkan hadir pada awal tahun depan, kini Suzuki menargetkan peluncuran pada Desember 2024.

6
Swift Sport

Meski spesifikasi lengkapnya masih dirahasiakan, Swift Sport diprediksi memiliki dimensi yang sedikit berbeda dari generasi keempat. Model terbaru ini akan memiliki panjang 3.990 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.500 mm, dan jarak sumbu roda 2.450 mm, yang menjanjikan proporsi lebih aerodinamis dan agresif.

Yang menarik, Swift Sport terbaru akan mengusung mesin 1,4 liter turbocharged 4-silinder dengan teknologi mild-hybrid 48V. Kombinasi ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 150 PS dan torsi maksimum 240 Nm, dengan tambahan daya sebesar 15 PS dan 59 Nm dari motor listrik. Suzuki juga kemungkinan akan menawarkan dua pilihan transmisi: manual dan otomatis enam percepatan.

Meski mengandalkan penggerak roda depan (FWD), Suzuki menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan menyenangkan dibandingkan versi sebelumnya.

Dari segi harga, Swift Sport diperkirakan akan dibanderol sekitar 2,3 juta yen di Jepang atau sekitar Rp244,8 juta, menjadikannya salah satu hatchback sporty dengan harga yang cukup terjangkau.

Namun, di tengah keseriusan Suzuki memperkenalkan Swift Sport, mereka telah menghentikan penjualan model ini di Inggris untuk memenuhi kebijakan Zero-Emission Vehicle (ZEV), yang memaksa produsen otomotif memprioritaskan penjualan kendaraan listrik di masa mendatang. Suzuki juga menyebutkan bahwa Swift Sport generasi sebelumnya akan segera habis di pasaran Inggris begitu stok terakhir dari dealer terjual.