JAKARTA - Suzuki Swift generasi terbaru telah melakoni debutnya Mei lalu di India. Setelahnya, mobil tersebut mulai diperkenalkan di beberapa negara, termasuk Australia. Tetapi, hatchback tersebut memperoleh nilai kurang mengesankan dalam uji keselamatan Australasian New Car Assessment Program (ANCAP).
Melansir dari Drive, Senin, 16 Desember, mobil tersebut diberi peringkat keselamatan satu bintang oleh regulator tersebut. Tentu hasil ini berbanding terbalik dari yang dihasilkan oleh Euro NCAP karena penetapan penilaian berbeda serta spesifikasinya berbeda.
Suzuki Swift terbaru mendapatkan hasil tersebut berdasarkan protokol pengujian terbaru dan berfokus pada seberapa baik mobil ini melindungi penumpangnya saat terjadi kecelakaan, bukan seberapa baik teknologi menghindari benturan dapat mencegah kecelakaan.
“Dibandingkan dengan peringkat bintang tiga yang diraih oleh kendaraan Swift yang dijual di Eropa, kendaraan yang dijual di Australia dan Selandia Baru memiliki performa yang berbeda saat uji tabrak,” kata CEO ANCAP, Carla Hoorweg.
Dalam pengujian tersebut, Suzuki Swift generasi keempat ini memiliki penilaian buruk pada adult protection dengan nilai 47 persen dan child protection hingga 59 persen.
Sementara itu dalam pengujian Adult Occupant Protection, hatchback tersebut gagal memenuhi standar 50 persen yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil dua bintang secara keseluruhan.
Dalam pengujian Vulnerable Road User, Suzuki Swift ini memperoleh 76 persen. Sementara dalam kategori Safety Assist, mobil tersebut meraih penilaian 54 persen dari ANCAP.
BACA JUGA:
Juru bicara Suzuki Australia mengklaim bahwa Swift generasi terbaru ini memiliki fitur keselamatan lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Perlu diketahui, versi pendahulunya memperoleh predikat lima bintang dalam pengujian di tahun 2017 namun saat itu protokol yang dijalankan tidak seketat saat ini.
“Swift telah dikembangkan dengan mempertimbangkan performa berkendara, kenyamanan, tingkat emisi, efisiensi bahan bakar, keselamatan dan keterjangkauan,” kata juru bicara perusahaan.
Meskipun demikian, pihak pabrikan akan terus mendengar masukan dan kritikan yang diberikan oleh berbagai pihak kepada Suzuki Motor Corporation agar mengembangkan mobil ini menjadi lebih baik.
“Kami terus-menerus memberikan umpan balik kepada Suzuki Motor Corporation mengenai suara, opini, dan informasi pelanggan, media atau sumber lain di pasar untuk kepentingan perencanaan model masa depan,” pungkas juru bicara tersebut.