Bagikan:

JAKARTA - Usai diperkenalkan pertama kalinya pada Japan Mobility Show (JMS) 2023, Suzuki segera melakoni debutnya di beberapa pasar, termasuk Jepang dan India dalam waktu dekat.

Hatchback generasi keempat tersebut mendapatkan sejumlah perubahan yang mencolok pada bagian eksterior hingga dilengkapi fitur canggih. Selain itu, mobil ini juga mendapatkan hasil mengesankan pada uji tabrak yang dilakukan Japan New Car Assessment Program (Japan NCAP).

Dilansir dari nasva.go.jp, Sabtu, 20 April, mobil tersebut mendapatkan bintang empat atau 177,8 poin dari 197 poin pada evaluasi keseluruhan, dalam uji tabrak tersebut setelah melalui berbagai prosedur yang dilakukan oleh badan keselamatan independen ini.

Pengujian diawali dengan tabrakan frontal pada kecepatan 55 km/jam memperoleh hasil yang baik, yakni level 4 pada kursi pengemudi dan kursi penumpang memperoleh level 5 atau yang tertinggi.

Selain itu, pengujian pada sistem autonomous emergency braking system antar mobil memperoleh level 5, diikuti dengan pengujian yang sama pada pejalan kaki di siang dan malam hari dengan nilai yang sama.

Namun, mobil ini mendapat bahan evaluasi pada pengujian offset frontal collision test di kursi pengemudi dengan level 4 dan pada penumpang belakang yang memperoleh level 3.

Dengan perolehan di berbagai pengujian, Suzuki Swift ini mendapatkan nilai 88,70 dari 89 poin Rank A dalam kinerja keselamatan preventif dan 81,10 dari 100 poin Rank B pada kinerja keselamatan tabrakan.

Dalam hal keselamatan, Swift terbaru dilengkapi dengan Dual Sensor Brake Support II yang menggabungkan radar gelombang milimeter dan kamera monokuler. Fitur keselamatan lainnya termasuk Adaptive Cruise Control, Brake Hold Function with Electronic Parking Brakes, Lane Keep Assist, dan Adaptive High Beam System.

Teknologi canggih lainnya yang disematkan adalah Driver Monitoring System, yang dapat mengenali wajah pengemudi dan memberikan peringatan jika terdeteksi kelelahan atau ketidakfokusan pandangan.

Suzuki memberi model ini dengan teknologi mild-hybrid digabungkan dengan mesin Z12E 3-silinder 1,2 liter sekaligus menambah jajaran kendaraan elektrifikasi dari pabrikan yang bermarkas di Shizuoka, Jepang.