Bagikan:

JAKARTA - Diluncurkan bulan Desember 2022 lalu, Hyundai Kona generasi terbaru ini meneruskan warisan dari generasi sebelumnya dengan menawarkan tenaga dari mesin pembakaran internal (ICE) hingga bentuk EV.

Hyundai Kona ini dilengkapi dengan teknologi canggih dan memiliki nilai kepraktisan tinggi, sayangnya mobil ini mendapatkan penilaian keselamatan yang kurang memuaskan.

Euro New Car Assessment Programme (Euro NCAP), lembaga penilaian keselamatan kendaraan di Eropa, baru-baru ini memberikan nilai bintang empat untuk Hyundai Kona setelah menjalani uji coba sesuai dengan standar keselamatan terbaru yang lebih ketat.

Nah, hasil penilaian ini kurang memuaskan, terutama mengingat bahwa generasi sebelumnya dari Hyundai Kona berhasil meraih nilai lima bintang dari lembaga yang sama, meskipun prosedur dan protokol yang dijalani pada saat itu tidak setajam yang berlaku saat ini.

Dilansir dari Drive pada Jumat, 8 Desember, SUV tersebut meraih nilai 80 dalam kategori perlindungan penumpang dewasa. Namun, mobil ini mendapatkan nilai rendah pada pengujian perlindungan pengguna jalan rentan dan bantuan keselamatan, dengan nilai sebesar 70.

9
Hyundai Kona menjalani uji tabrak oleh Euro NCAP. (Dok. Drive)

Kendati demikian, nilai rendah ini tampaknya menjadi perhatian utama pada Safety Assist, yang hanya mendapatkan skor 60, menjadi nilai terendah dibandingkan dengan kategori penilaian lainnya.

Nilai rendah tersebut sebagian besar disebabkan oleh penurunan performa Hyundai Kona pada sistem pengereman darurat otonom (AEB) dan kurangnya sistem bantuan pada fitur tersebut.

Euro NCAP, dalam pernyataan resminya, menyatakan bahwa hasil ini merupakan suatu "kekecewaan" sekaligus "keberuntungan," karena Hyundai Kona masih dapat menghindari nilai tiga bintang.

"Hyundai telah memperbesar mobilnya dan membuat interiornya lebih lapang untuk bersaing di kelasnya, tetapi perusahaan tidak boleh mengasumsikan bahwa pelanggan akan puas dengan tingkat keselamatan yang tertinggal dibandingkan dengan pesaingnya," tambah Euro NCAP dalam keterangannya.