Produsen Baterai Asal Inggris Ini Kembangkan Baterai Mobil dengan Pengisian Daya Tercepat
Mobil berwujud Lotus Elise yang ditanamkan baterai dengan pengisian daya tercepat. (Dok. Nyobolt)

Bagikan:

JAKARTA - Transisi menuju mobil listrik semakin menjadi fokus bagi banyak pabrikan otomotif. Salah satu aspek krusial dalam produksi kendaraan listrik adalah pengisian daya yang efisien. Nyobolt, produsen pengembang baterai asal Inggris, telah menciptakan terobosan dengan fitur pengisian daya cepat.

Menurut klaim perusahaan, mereka telah mengembangkan paket baterai yang dapat diisi penuh dalam waktu kurang dari enam menit. Dalam sebuah mobil berbasis Lotus Elise, Nyobolt menyematkan paket baterai berkapasitas 35 kWh yang dapat memberikan jangkauan hingga 250 km dalam satu kali pengisian daya.

Dilansir pada laman Motor1, Selasa, 13 Juni, meskipun rincian teknis baterai tersebut belum diungkap secara detail, Nyobolt memperkirakan kecepatan pengisian dayanya dapat melebihi dua kali lipat dari kecepatan pengisian daya tercepat saat ini, yang dipegang oleh Lucid Air Pure dengan 350 kW dalam waktu 15 menit.

Tak hanya itu, Nyobolt juga mengklaim bahwa baterai mereka telah melalui lebih dari 2.000 siklus pengisian cepat tanpa menunjukkan penurunan kinerja yang signifikan.

Dengan baterai tersebut, Nyobolt mengatakan bahwa kecepatan pengisian tersebut dapat tersedia bila pengisi daya sebesar 1 MW telah dihadirkan.

"Dengan teknologi unik kami, kami berhasil menciptakan mobil dengan pengisian daya enam menit, dan kami terus mengembangkan paket baterai yang lebih kecil untuk menghasilkan lebih banyak tenaga dan pengisian daya yang lebih cepat," kata CEO Nyobolt, Sai Shivareddy.