Berniat Ganti Armada Motor, Polisi Inggris Uji Sepeda Motor Listrik Energica Experia untuk Kurangi Emisi
Energica Experia. (Dok. MCN)

Bagikan:

JAKARTA - Polisi di Inggris dikabarkan tengah menguji coba sepeda motor listrik Energica Experia sebagai bagian dari rencana untuk memperkenalkan lebih banyak kendaraan bertenaga baterai ke dalam armada mereka demi mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Dilansir Motorcyclenews (MCN), 14 Juni, sepeda motor penegak hukum yang unik ini dikembangkan bekerja sama dengan English Electric Motorcycle Co di Norfolk, yang kemudian mengonfirmasi bahwa sepeda motor tersebut akan diuji coba oleh lima kepolisian pada tahun 2023, termasuk Metropolitan dan Merseyside.

Sepeda motor yang spesifikasinya telah disesuaikan ini akan diuji oleh tim BikeSafe, British Transport Police, dan perusahaan swasta yang membutuhkan sepeda motor tanggap cepat.

Sebelumnya, perusahaan distribusi gas, Cadent Gas baru-baru ini juga mendapatkan sepeda motor dengan spesifikasi serupa. Namun apakah sepeda motor ini akan digunakan secara lebih luas oleh kepolisian Inggris masih belum diketahui.

3

Komponen internal dan sistem penggerak Energica Experia sama dengan sepeda motor petualang Experia standar. Motor listrik ini memiliki kecepatan 0-96 km/jam dalam waktu 3,5 detik, memiliki tenaga 80,5bhp pada 7500rpm, dan torsi 115 Nm.

Motor ini memiliki jarak tempuh sehari-hari berkisar antara 129 km hingga 209 km, dengan kemampuan pengisian daya baterai 20% - 80% dalam 20 menit, dan berat total standar motor 260 kg.

Untuk memungkinkan petugas menjalankan tugas mereka, sistem baterai 12v tambahan disimpan di bawah jok belakang, ada juga port pengisian 12v untuk radio dan teknologi lainnya - ketika sepeda motor dimatikan. Namun ketika sepeda motor dinyalakan, baterai utama akan mengisi daya unit tambahan tersebut.

Sementara itu, ada juga dikabarkan perusahaan Inggris lain, White Motorcycle Concepts (WMC) yang telah mengumumkan rencana untuk memproduksi kendaraan listrik roda tiga baru yang dapat dikendarai dengan lisensi mobil untuk petugas kepolisian.

WMC bekerja sama dengan perusahaan powertrain internasional, Mahle, desainnya didasarkan pada Yamaha Tricity 300, dengan pendanaan dari Niche Vehicle Network dan dukungan dari Departemen Transportasi.