Bagikan:

JAKARTA - Bahan bakar sintetis dan berkelanjutan semakin populer sebagai alternatif untuk sistem elektrifikasi yang kini dominan menggantikan bahan bakar fosil. Terbaru, perusahaan spesialis bahan bakar, Coryton, telah mengumumkan peluncuran rentang bahan bakar berkelanjutan yang dirancang khusus untuk kendaraan klasik di Inggris. Ini merupakan langkah pertama dari jenisnya dan memberikan solusi ramah lingkungan bagi para penggemar mobil klasik.

Dilansir dari Top Gear, 14 Juni, bahan bakar berbasis nabati yang diberi nama Sustain Classic, memungkinkan pemilik mobil tua untuk terus menjalankan kendaraan mereka tanpa melakukan modifikasi apapun. Menurut Coryton, dengan menggunakan bahan bakar ini, pemilik mobil klasik dapat mengurangi emisi gas rumah kaca setidaknya 65 persen dibandingkan dengan bahan bakar fosil tradisional.

Bahan bakar ini menggunakan biofuel canggih yang diproduksi dari limbah pertanian, seperti jerami, tanaman tidak terpakai, dan produk sampingan lainnya. Sama seperti bahan bakar sintetis, setelah menyerap karbon yang diperlukan untuk tumbuh, karbon yang dilepaskan saat pembakaran tidak secara teknis menambahkan apa pun ke atmosfer. Meskipun demikian, hal ini juga tidak menghilangkan dampaknya sepenuhnya.

"Mengganti bahan bakar fosil dengan bahan bakar berkelanjutan akan menghilangkan setiap kilogram CO2 yang dilepaskan ke atmosfer, ini merupakan sebuah kemenangan. Kita tidak perlu beralih sepenuhnya secara langsung untuk membuat dampak yang nyata," ungkap David Richardson, direktur pengembangan bisnis di Coryton kepada Top Gear.

Richardson juga menjelaskan bahwa seiring dengan ketersediaan bahan baku yang semakin meningkat, bahan bakar ini akan mengandung lebih banyak elemen berkelanjutan yang dapat dilacak. Namun, mereka ingin menjaga harga tetap terjangkau bagi konsumen dan tetap jujur tentang capaian teknologi saat ini.

Meskipun ketersediaan komponen bahan bakar bebas fosil terbatas, Coryton telah menetapkan tujuan yang realistis dalam menghasilkan bahan bakar yang berdampak besar dan memenuhi kebutuhan pengguna. Mereka juga menggarisbawahi pentingnya keterbukaan tentang kesiapan teknologi ini.

Namun, sama dengan bahan bakar sintetis harga Sustain Classic juga tidaklah murah. Coryton menawarkan tiga jenis bensin nabati yaitu Super 80, Super 33, dan Racing 50. Angka tersebut mengacu pada persentase bahan bakar terbarukan dalam campurannya. Dan semakin tinggi persentasenya semakin mahal harganya. Untuk saat ini, harga termurah bensin nabati ini mulai dari 3,80 poundsterling per liter atau sekitar Rp71.000.