Bagikan:

JAKARTA - Kia, pabrikan otomotif asal Korea Selatan, telah mengumumkan recall pada model SUV mereka, Sportage di Amerika Serikat.

Recall ini dilakukan oleh Kia karena adanya kehilangan tenaga pengereman pada mobil Sportage. Tentu saja, hal ini menjadi kekhawatiran bagi para pengguna SUV ini.

Namun, Kia sebagai perusahaan besar merespons masalah ini dengan cepat. Dilaporkan bahwa sebanyak 98.944 unit Kia Sportage terkena dampak masalah pengereman ini.

Dilansir dalam laman Carscoops, Selasa, 13 Juni, pabrikan Korea ini pertama kali mengetahui masalah ini di Amerika Serikat melalui laporan terkait pada awal tahun 2023.

Masalah ini pertama kali terdeteksi melalui kode masalah diagnostik dengan kebocoran pada sistem penguat rem vakum. 

Pabrikan segera menyelidiki masalah ini dan mengidentifikasi bahwa terdapat celah pada cangkang penguat rem yang menyebabkan diafragma lepas dari posisinya, mengakibatkan kebocoran rem vakum.

Dalam prakteknya, pengemudi akan merasakan ketidaknormalan pada sistem pengereman yang membutuhkan tenaga ekstra untuk menghentikan kendaraan. Ini berarti pengemudi harus melakukan pengereman lebih awal dari biasanya, yang juga dapat menyebabkan kecelakaan.

Hingga saat ini, tercatat 73 orang yang telah melaporkan masalah ini, namun tidak ada laporan korban jiwa atau luka-luka. Kia sendiri telah melaporkan masalah ini kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Pabrikan akan segera menghubungi pengguna Kia Sportage 2023 mulai tanggal 21 Juli, dan meminta para konsumen untuk membawa kendaraan mereka ke diler resmi terdekat guna penanganan lebih lanjut.