Bagikan:

JAKARTA – Penggunaan Renewable Diesel (RD) sebagai bahan bakar hijau untuk Generator Set (Genset) bagi Electric Vehicle (EV) yang digunakan para pebalap mobil dunia yang bertanding di ajang Internasional Jakarta E-Prix 2022 Ancol, pada 4 Juni 2022 mendatang, disebut ramah lingkungan.

“Semoga ini menjadi percontohan yang baik dalam mendukung program pemerintah untuk menciptakan energi bersih dan ramah lingkungan” terang Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI), Taufik Aditiyawarman, dalam keterangan resmi, Rabu 1 Juni.

Produk Pertamina RD itu telah mendapatkan sertifikasi ISCC. ISCC merupakan salah satu organisasi terbesar yang mengatur sertifikasi karbon berkelanjutan dan berlaku secara global. Sertifikasi karbon berkelanjutan ISCC diinisiasi oleh adanya kebijakan Renewable Energy Directive (RED) serta Fuel Quality Directive (FQD) yang diimplementasikan di Uni Eropa.

Di luar Uni Eropa, negara-negara lain telah mengadopsi standarisasi ISCC termasuk PT KPI di Indonesia.

Pertamina RD yang merupakan produk terbaru dari bahan bakar nabati, HVO (Hydrotreated Vegetable Oil), dipersiapkan untuk mendukung Jakarta E-Prix 2021. Pertamina RD adalah produk ramah lingkungan hasil olahan dari BioRefinery Cilacap sehingga dapat menghasilkan Produk Green Diesel dengan kapasitas 3000 barrels per hari dari bahan baku nabati.