Mobil Apakah yang Memegang Rekor Mobil Termahal di Dunia? Berikut Jawabannya
Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe tahun 1955. (Dok. RM Sotheby's)

Bagikan:

JAKARTA- Pada tahun 2022, sejarah mencatat sebuah Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupe tahun 1955 menjadi mobil termahal yang pernah dijual, dan nilai itu belum terpecahkan hingga saat ini. Mobil ini terjual dalam sebuah lelang dengan harga fantastis, mencapai 135 juta euro atau setara dengan Rp2,3 triliun.

Sebelumnya, dikutip dari Autocar, 21 Agustus, mobil ini tidak dijual Mercedes-Benz namun diberikan kepada RM Sotheby's untuk dilelang di Mercedes-Benz Museum dan dibeli seseorang yang tidak mau disebutkan namanya.

Harga semahal itu merupakan rekor dunia saat ini untuk harga mobil apa pun, melampaui lebih dari dua kali lipat rekor sebelumnya, yang dipegang oleh Ferrari 250 GTO.

3

Diketahui, hanya ada dua unit Mercedes-Benz 300 SLR Uhlenhaut Coupé yang pernah dibuat oleh Mercedes-Benz, dan mobil ini dinamai dari insinyur utama perusahaan, Rudolf Uhlenhaut.

Mobil ini dirancang sebagai versi jalan dari mobil balap grand prix W 196 R, dengan mesin straight-eight 3.0 liter yang diperbesar sehingga mampu mencapai kecepatan hingga 290 km/jam.

Mobil yang terjual memiliki nomor rangka sasis 00008/55 atau produksi kedua dari dua mobil yang dibangun, dan yang sering digunakan oleh Uhlenhaut sendiri. Dengan penjualannya ini, 300 SLR masuk dalam daftar 10 barang termahal yang pernah dijual dalam lelang di dunia.

Usai pelelangan, Mercedes mengumumkan bahwa seluruh hasil dari penjualannya akan digunakan untuk mendirikan "Mercedes-Benz Fund" yang akan berfungsi secara global. RM Sotheby's menambahkan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk memberikan beasiswa pendidikan dan penelitian di bidang ilmu lingkungan dan dekarbonisasi bagi generasi muda.