Bagikan:

JAKARTA - Pelat nomor mobil mungkin terlihat seperti hal yang sepele, tetapi bagi beberapa orang, memiliki pelat nomor mobil yang unik dan langka bisa menjadi status simbol yang penting. 

Ini terbukti seperti dilaporkan Bloomberg, Senin, 10 April dengan terjualnya pelat nomor mobil termahal di dunia seharga 15 juta dolar AS atau sekitar Rp222 miliar di sebuah lelang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab. Identitas pemenang lelang ini tidak diungkapkan.

Pelat nomor yang terjual itu berangka tunggal “P 7”. Dan ini bukan pertama kalinya angka '7' sangat diminati sebagai pelat nomor karena dianggap membawa keberuntungan di banyak budaya di seluruh dunia. 

Kembali pada tahun 2016, pelat nomor '7' juga dijual seharga 2,96 juta poundsterling di Uni Emirat Arab setelah sebelumnya dijual seharga 3 juta poundsterling pada tahun 2010. 

Sembilan pelat termahal teratas di dunia semuanya berasal dari UEA. Pemegang rekor sebelumnya adalah pelat nomor '1' yang dibayar oleh pengusaha lokal Saeed Abdul Ghaffar Khouri seharga 7,2 juta poundsterling pada tahun 2008. Pelat tersebut dipasang pada mobil seperti Rolls-Royce Cullinan dan Mercedes G-Wagen.

UEA memang memiliki kebiasaan melelang barang-barang mewah yang digunakan oleh orang-orang super kaya untuk untuk amal. Dan menurut badan lelang, hasil penjualan pelat akan disumbangkan ke inisiatif bantuan pangan global penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid.