Ketahui Risiko Berkendara Mudik di Malam Hari, Pilih Siang Hari jika Tidak Biasa
Ilustrasi. (Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak pemudik mobil pribadi terutama tujuan jarak jauh mengaku lebih menyukai berkendara saat malam hari. 

Ada beberapa alasan berkendara jarak jauh pada malam hari disukai dari kurangnya kemacetan karena jalan-jalan biasanya lebih sepi dan kurang padat dibandingkan pada siang hari. 

Lalu suhu udara yang lebih sejuk yang dapat membuat berkendara lebih nyaman bagi pengemudi dan penumpang. 

Pada malam hari, juga lebih sedikit gangguan lalu lintas dari pemotor atau pejalan kaki, yang dapat membantu pengemudi fokus pada jalan dan membuat perjalanan lebih aman.

Namun bagi yang tidak terbiasa mengemudi di malam hari maka hindarilah perjalanan di malam hari. Jika memungkinkan, rencanakan perjalanan mulai pagi hari dan tiba di tujuan pada siang hari.

Perlu diketahui, mengemudi di malam hari dapat menjadi lebih berbahaya dibandingkan dengan mengemudi pada siang hari. Beberapa alasan mengapa mengemudi di malam hari dapat menjadi lebih berbahaya adalah sebagai berikut:

Visibilitas Terbatas

Mengemudi di malam hari bisa menjadi sulit karena visibilitas terbatas. Pencahayaan jalan tidak secerah pada siang hari, sehingga Anda mungkin kesulitan melihat rintangan di jalan seperti lubang atau hewan yang melintas.

Mengantuk

Perjalanan di malam hari dapat membuat Anda merasa lebih mengantuk karena tubuh Anda merespon waktu tidur alami Anda. Jika Anda merasa mengantuk saat mengemudi, kemungkinan besar Anda akan kehilangan fokus dan kemampuan untuk berkendara dengan aman.

Risiko Kecelakaan yang lebih tinggi

Karena visibilitas terbatas dan risiko mengantuk, mengemudi di malam hari dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Ini juga dapat terjadi karena beberapa pengemudi lain di jalan juga kurang waspada atau mungkin mengemudi dalam kondisi yang tidak aman.

Dengan berbagai risiko di atas, sangat disarankan untuk menghindari perjalanan pada malam hari. Jika Anda harus mengemudi di malam hari, pastikan untuk beristirahat dengan cukup sebelumnya, dan jika Anda merasa mengantuk saat mengemudi, hentikan kendaraan Anda dan beristirahatlah sampai Anda merasa lebih segar dan fokus.