Total Hadiah Piala Dunia 2022 Qatar Rp6,91 Triliun: Juara Dapat Rp659 Miliar
Ilustrasi Piala Dunia 2022 (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA — Piala Dunia 2022 Qatar sudah berjalan. Induk sepak bola internasional (FIFA) selaku penyelenggara menyediakan total hadiah untuk turnamen tersebut bernilai triliunan rupiah.

Kompetisi yang melibatkan 32 tim nasional terbaik dari seluruh dunia itu mulai bergulir pada 20 November lalu di Stadion Al Bayt, di mana Qatar selaku tuan rumah menerima kekalahan 0-2 menghadapi Ekuador di pertandingan pembuka.

Hajatan sepak bola terbesar di dunia ini akan menampilkan 64 pertandingan. Penentuan juara dunia akan mengangkat trofi di Stadion Lusail pasca final pada 18 Desember nanti.

Selain mengangkat trofi, negara yang menjadi juara juga akan membawa pulang hadiah uang yang tidak sedikit. Hadiah uang juga akan diterima semua kontestan yang mendapat tiket ke sana, tetapi nominal yang diterima otomatis lebih sedikit dari tim juara.

Menurut laporan Sporting News, FIFA kabarnya mengalokasikan total anggaran sebesar 440 juta dolar Amerika Serikat atau Rp6,91 triliun sebagai hadiah penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

Jumlah itu nantinya akan dibagikan ke semua peserta, dengan hadiah terbesar bernilai 42 juta dolar (Rp649 miliar) menjadi milik juara Piala Dunia 2022. Lalu tim runner-up akan diberikan uang sebesar 30 juta dolar atau Rp470 miliar.

Sementara itu, tim yang finis ketiga dan keempat masing-masing akan membawa pulang hadiah sebesar 27 juta dolar (Rp423 miliar) dan 25 juta dolar (Rp392 miliar).

Kemudian tim-tim yang finis di antara posisi kelima hingga kedelapan akan mendapatkan hadiah masing-masing sebesar 17 juta dolar (Rp266 miliar).

Berikutnya, tim-tim yang finis di antara posisi kesembilan hingga ke-16 akan membawa pulang masing-masing 13 juta dolar (Rp204 miliar). Lalu hadiah bernilai 9 juta dolar (Rp141 miliar) akan diberikan kepada tim-tim lain.

Total 32 tim yang berpartisipasi juga akan menerima masing-masing 1,5 juta dolar (Rp23,5 miliar) lagi berkat pencapaian mereka ke putaran final. Jumlah tersebut akan dibayarkan kepada semua tim untuk menutupi biaya persiapan mereka di Qatar.

Piala Dunia di Qatar tahun ini merupakan yang termahal. Sesuai Bloomberg, Qatar telah menginvestasikan sekitar 300 miliar dolar guna mewujudkan penyelenggaraan Piala Dunia pertama di Timur Tengah.