FIFA Konfirmasi Piala Dunia Antarklub dengan Peserta 32 Tim Dimulai 2025
Gianni Infantino (Foto: FIFA)

Bagikan:

JAKARTA — Presiden FIFA Gianni Infantino mengonfirmasi Piala Dunia Antarklub dengan peserta 32 tim akan mulai diterapkan pada tahun 2025 nanti.

Infantino mengungkapkan rincian turnamen baru itu dalam konferensi pers di Qatar menjelang final Piala Dunia 2022 akhir pekan ini antara Prancis melawan Argentina.

"Kami membahas beberapa prinsip strategis. Untuk sepak bola pria, kami sepakat untuk mengadakan Piala Dunia Antarklub yang baru, ini akan terjadi pada tahun 2025 dan diikuti oleh 32 tim seperti Piala Dunia FIFA," katanya dilansir Metro.

Kalender sepak bola yang sudah padat awalnya berencana mengakomodasi kompetisi baru ini pada tahun 2021 lalu di China. Namun, rencana tersebut harus terbengkalai karena pandemi COVID-19.

Infantino belum menguraikan tim mana saja yang akan menjadi kontestan ajang ini. Meski demikian, ia menegaskan FIFA siap untuk memanfaatkan popularitas sepak bola yang semakin meningkat seiring kesuksesan Piala Dunia 2022 Qatar.

"Ketika datang ke pertemuan dewan, kami dapat memastikan pendapatan dari siklus empat tahun ini 7,5 miliar," kata Infantino.

"Melihat ke depan, Dewan FIFA menyetujui anggaran untuk siklus empat tahun ke depan, yang akan menjadi sebelas miliar dan hampir 10 miliar akan langsung kembali ke sepak bola," tambah dia.

Format kompetisi Piala Dunia Antarklub saat diikuti oleh tujuh tim yang berlangsung selama dua minggu. Juara Liga Champions Eropa, Copa Libertadores, bersama semua pemenang piala konfederasi lainnya ambil bagian di ajang ini.

Real Madrid yang akan tampil di edisi tahun ini adalah pemegang gelar terbanyak setelah menang dalam empat kesempatan. Sementara itu, Chelsea adalah tim juara bertahan.

Piala Dunia Antarklub biasanya berlangsung pada pekan kedua atau ketiga bulan Desember. Namun, edisi 2022 harus dipindah ke awal tahun depan karena Piala Dunia 2022 Qatar.