Penghasilan Skuad Amerika di Piala Dunia 2022 Bakal Dibagi Adil dengan Tim Sepak Bola Putri
Para pemain timnas AS merayakan kemenangan atas Iran (Twitter @Antonee_Jedi)

Bagikan:

JAKARTA — Penghasilan tim nasional sepak bola Amerika Serikat selama Piala Dunia 2022 Qatar akan dibagi adil dengan tim putri mereka sesuai perjanjian terbaru yang dibuat.

Saat ini Amerika Serikat sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar kompetisi paling akbar itu. Mereka lolos ke babak gugur sebagai runner up Grup B setelah mengalahkan Iran 1-0 di laga terakhir dini hari tadi.

Tiket babak gugur otomatis membuat Amerika otomatis sudah mengantongi hadiah 13 juta dolar AS atau setara Rp204 miliar. Jika mereka gagal di babak ini, jumlah itu akan mereka bawa pulang.

Namun, jumlah itu tidak sepenuhnya akan menjadi milik tim putra (USMNT). Pasalnya, dalam perjanjian baru yang ditandatangani oleh US Soccer, berapa pun uang yang dibawa pulang dari Piala Dunia, setengahnya akan dibagi dengan USWNT (tim putri).

Dengan demikian, nominal sebesar 6,5 juta dolar akan menjadi milik USWNT. Jumlah ini jauh lebih besar dari total yang pernah diterima tim putri AS setelah menjuarai Piala Dunia Wanita 2015 dan 2019.

Dari dua gelar yang mereka bawa pulang itu, tim USWNT total menerima 6 juta dolar. Rinciannya, mereka menerima hadiah 2 juta dolar pada 2015, menyusul empat tahun kemudian mereka mengantongi 4 juta dolar.

Perjanjian di atas juga berlaku sebaliknya ketika tim putri AS membawa pulang hadiah berapa pun dari Piala Dunia akan tetap dibagi adil dengan tim putra mereka.

Tahun depan ada Piala Dunia Wanita dengan total pundi-pundi hadiah diperkirakan sekitar 60 juta dolar. Nominal itu hampir tujuh kali lebih kecil dari total hadiah yang disiapkan untuk Piala Dunia Pria.

Namun, angka itu kemungkinan masih bisa bertambah karena belakangan ini terus ada desakan agar gap hadiah antara Piala Dunia Wanita dan Pria kalau bisa tidak terlalu besar.

Jika USWNT memenangi Piala Dunia 2023, atau berapa pun uang yang diperolehnya dari partisipasinya, 50 persen akan masuk ke tim yang saat ini sedang bermain di Qatar.