Mengenal Lebih Dekat dengan Kei Car Terlaris di Jepang, Daihatsu Atrai
Daihatsu Atrai yang dipamerkan di GIIAS 2023. (Dok. Astra Daihatsu Motor)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti merek otomotif Jepang lainnya, Daihatsu dikenal sebagai pabrikan yang menghadirkan produk yang praktis, nyaman, dan unggul untuk memenuhi kebutuhan mobilitas konsumen. Salah satu kendaraan yang memenuhi kriteria ini adalah Atrai, sebuah kendaraan tipe Kei Car yang dirancang untuk keperluan bisnis.

Daihatsu Atrai adalah van komersial kecil yang dirancang untuk berkendara di perkotaan dan sangat cocok untuk usaha kecil dan individu yang membutuhkan solusi kargo yang praktis dan ringkas. Tampilan Atrai juga kompak dan mungil memiliki panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.890 mm, dan jarak roda 2.450 mm.

Atrai menjadi salah satu Kei Car dengan penjualan terlaris di Jepang karena harganya yang murah karena memiliki batasan spesifikasi dan subsidi pemerintah yang diiringi pajak yang juga murah. Diketahui, Kei Car di Jepang biasanya dijual dengan rentang harga dari Rp100 juta-Rp200 juta.

"Atrai juga sangat multifungsi, cocok untuk berbagai aktivitas sehari-hari, rekreasi, kebutuhan bisnis, serta berkontribusi pada pengurangan emisi karbon," kata Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, Yasushi Kyoda, dalam pernyataannya pada Sabtu, 19 Agustus.

Atrai mengusung konsep Multi-Box Ultimate Usability dengan pintu belakang yang lebar dan berbentuk persegi. Ini memudahkan konsumen untuk memodifikasi mobil sesuai kebutuhan mereka, baik untuk mengangkut barang atau properti lainnya.

Meskipun ukurannya kecil dan kompak, Daihatsu Atrai dapat menampung hingga empat penumpang dan muatan maksimal seberat 350 kg. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi modern, termasuk pencahayaan Adaptive Driving Beam (ADB) menggunakan lampu LED pada lampu utama dan lampu kabut, memberikan pencahayaan optimal.

Untuk tampilan modern, Daihatsu Atrai juga memiliki lampu kombinasi di bagian belakang serta bemper belakang dengan desain terbaru. Kendaraan ini dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan memiliki beberapa keunggulan sebagai kendaraan niaga.

Untuk meningkatkan performa, Atrai dilengkapi dengan transmisi CVT yang memberikan akselerasi mulus, hemat bahan bakar, dan pengalaman berkendara yang nyaman. Sistem ini dipadukan dengan mesin 658 cc KF-VE 3-silinder.