GM Rilis SUV Listrik Mewah Tiga Baris Cadillac Escalade IQ 2025, Dimensi dan Tenaganya Buat Semua Pesaing Jadi Kecil
Cadillac Escalade IQ 2025. (Dok. Cadillac)]

Bagikan:

JAKARTA - Setelah memberi petunjuk kehadiran model terbaru SUV tiga baris bulan Juni lalu, General Motors (GM) akhirnya resmi mengenalkan Escalade IQ 2025 sebagai SUV bertenaga listrik pertama dalam jajaran model ikonik dan mewah dari merek Cadillac.

Sama seperti model bermesin konvensional, mobil ini hadir dengan kekakuan dan dimensi yang besar, tetapi menekankan kemewahan dan keanggunan khas mobil Cadillac yang naik level.

Namun, perbandingan dengan model sebelumnya bukan hanya terbatas pada desain. Cadillac Escalade IQ mengalami transformasi yang luas, termasuk dalam hal interior, teknologi, dan fitur-fitur mewah yang ditingkatkan.

Wakil Presiden Global Cadillac, John Roth, menjelaskan bahwa Cadillac melakukan perubahan pada Escalade ini sebagai langkah pertama mereka dalam memasuki era baru kendaraan listrik yang akan datang.

“Selama lebih dari 120 tahun, semangat inovasi berani dari Cadillac telah menentukan standar kemewahan di Amerika. Escalade IQ mewakili semangat ini dengan kecanggihan yang tak tertandingi," ujar Roth dalam pernyataan perusahaan, Rabu, 9 Agustus.

Bila dilihat spesifikasinya, Escalade IQ mengalami sejumlah perubahan eksterior yang mencolok dibandingkan pendahulunya. Dengan dimensi panjang 5.697 mm, lebar 2.389 mm, tinggi 1.934 mm, dan jarak sumbu roda 3.460 mm, Cadillac Escalade IQ menawarkan ruang yang lebih luas dan nyaman untuk pengguna kendaraan.

Menggunakan platform GM yang disebut Ultium, mobil ini mengusung desain yang berani dengan identitas baru kendaraan listrik pabrikan. Seperti yang diisyaratkan sebelumnya, bagian depan mobil ini menampilkan grille tertutup dengan lampu LED horizontal yang menjulur ke bawah, dengan logo Cadillac yang menonjol di tengah. Dengan desain ini, mobil ini memiliki kesan serupa dengan model EV lain seperti Celestiq dan Lyriq.

Di bagian belakang, terdapat sayap belakang kecil yang menggantung di atas atap, serta lampu belakang merah horizontal di ujungnya. Tidak ketinggalan, terdapat atap kaca panoramik yang menambah keindahan mobil ini.

Karena ukurannya besar, SUV Escalade IQ dilengkapi dengan pelek berdiameter 24 inci dengan ban berukuran 35 inci yang dirancang untuk mengisi ruang kembangan di dalam pelek. Escalade IQ juga memiliki suspensi independen di kedua sisi, depan dan belakang, serta sistem penggerak eAWD.

Bagian dalam mobil ini juga ditingkatkan dengan sentuhan kemewahan ala Escalade. Terinspirasi oleh dunia arsitektur dan gaya mewah, Escalade IQ menggabungkan kemewahan dengan kenyamanan, serta teknologi canggih yang sebelumnya diperkenalkan pada Cadillac Celestiq.

4

Terdapat juga layar LED diagonal berukuran 55 inci pada panel instrumen, yang ditenagai oleh chip terbaru dari Qualcomm. Ini memungkinkan pengemudi untuk mengakses berbagai informasi dari sistem ini. Layar LED ini menggabungkan kluster instrumen dengan layar sentuh tengah.

Tambahan lain, Escalade IQ hadir dengan atap panoramik yang telah diperbaharui untuk memberikan pengalaman baru dan kenyamanan dalam perjalanan jarak jauh. Sistem audio juga ditingkatkan dengan hadirnya sistem 40-speaker AKG Studio yang dipasang di baris kedua.

Escalade IQ juga terintegrasi dengan sistem OnStar, yang meliputi berbagai fitur mulai dari keselamatan, hiburan, kenyamanan, hingga teknologi bantuan seperti Super Cruise.

Satu hal menarik lainnya adalah sumber tenaganya. Cadillac Escalade IQ dibekali dengan dua motor listrik berjenis magnet permanen yang mampu menghasilkan daya 680 dk dan torsi 834 Nm dalam mode Normal. Tenaga ini dapat ditingkatkan menjadi 750 dk dan torsi 1.064 Nm dalam mode Velocity.

SUV tiga baris ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 200 kWh lithium-ion, yang memungkinkan mobil ini melaju dengan tenaga listrik murni hingga lebih dari 724 km sekali pengisian daya. Nah, untuk diketahui SUV GMC Hummer EV juga menggunakan paket baterai serupa dan karena itu berat Hummer EV ini mencapai 4 ton.

Cadillac Escalade IQ juga sudah dilengkapi fitur canggih mobil-ke-rumah (V2H) yang dapat memasok energi listrik dari mobil ke rumah pemiliknya. GM mulai memproduksi Escalade IQ secara reguler pada musim panas tahun depan di pabrik milik GM di Michigan, Amerika Serikat.

Untuk harganya mulai 130.000 dolar AS atau sekitar Rp1,9 miliar atau berada dalam rentang yang sama dengan harga Tesla Model X, Mercedes-Benz EQS, Rivian R1S, dan Gravity Lucid.