Bagikan:

JAKARTA - Sebuah langkah revolusioner diumumkan General Motors (GM) hari ini, Kamis, 8 Agustus. Mulai tahun 2026, semua kendaraan listrik (EV) produksi GM dapat memasok energi listrik di rumah pemiliknya.

Teknologi ini memungkinkan konsumen menyimpan dan mentransfer energi untuk membantu mengurangi kebutuhan listrik sehari-hari sekaligus mampu mengatasi dampak pemadaman listrik.

Ini adalah fitur canggih yang bisa ditawarkan oleh kendaraan listrik, dan GM jelas telah melihat nilai yang cukup besar untuk menjadikannya prioritas dalam jajaran produknya.

"Manajemen energi GM yang semakin berkembang akan membantu mempercepat visi GM tentang masa depan sepenuhnya listrik dengan memperluas akses terhadap lebih banyak manfaat yang dapat ditawarkan oleh EV," ujar Wade Sheffer, Wakil Presiden GM Energy, dalam keterangan resmi perusahaan, 8 Agustus.

Dia menambahkan, dengan mengintegrasikan pengisian mobil-ke-rumah (V2H) ke seluruh portofolio kendaraan berbasis Ultium GM, kendaraan listrik GM akan lebih bermanfaat bagi konsumen melebihi fungsi dari kendaraan itu sendiri.

Dengan mengisi daya mobil di luar rumah terutama dengan pengisian cepat, dan kemudian menggunakan mobil tersebut untuk memasok energi ke rumah, terdapat potensi untuk mengurangi tagihan listrik.

Kendaraan pertama yang akan menerima fitur ini adalah Chevrolet Silverado EV RST 2024 dan GMC Sierra EV Denali Edition 1 2024, keduanya akan dilengkapi dengan V2H, bersama dengan Cadillac Lyriq 2024 dan Escalade IQ yang akan datang. Chevrolet Blazer EV dan Equinox EV 2024 juga akan mendapatkan pengisian V2H, memperluas fitur yang sebelumnya lebih banyak diwacanakan hanya untuk truk-truk besar.

Namun tak hanya menyiapkan mobilnya, rumah-rumah pemilik kendaraan juga perlu dilengkapi Ultium Home dengan pengisi daya AC PowerShift 19,2 kW milik GM, yang dirancang khusus untuk operasi V2H. Dengan Ini memungkinkan transfer hingga 9,6 kW energi listrik dari kendaraan ke rumah, sekaligus juga aman memutuskan koneksi dari jaringan saat terjadi pemadaman.

Pengisian mobil-ke-rumah adalah fitur menarik yang banyak produsen otomotif sedang perhatikan. Ford telah mengiklankannya sebagai penggunaan potensial pada F-150 Lighting sejak diluncurkan, sementara Volkswagen dan Rivian juga sedang mengeksplorasi teknologi ini.