Bos GM Berkunjung ke Pusat Samsung Group, Bahas Kolaborasi Kendaraan Listrik
Cadillac Vistiq/GM Newsroom

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa otomotif General Motors yang diwakili dengan CEO GM Mary Barra, mengadakan pertemuan dengan para pimpinan afiliasi Samsung Group. 

Mengutip dari laman Yonhap, Sabtu, 10 Februari, menurut salah satu sumber CEO GM Mary Barra bertemu dengan Choi Yoon-ho, kepala Samsung SDI Co., CEO Samsung Display Co. Choi Joo-sun dan Samsung Electro-Mechanics Co. Pertemuan ini menandai kunjungan resmi pertama Barra ke Korea Selatan sejak menjadi ketua dewan direksi GM pada tahun 2016.

Pertemuan dikabarkan membahas kerja sama antara GM dan Samsung di bidang kendaraan listrik hingga suku cadang, yang memang dipersiapkan untuk masa depan pabrikan. 

Tak hanya itu saja, Barra dan para eksekutif Samsung dilaporkan membahas kerja sama dalam pembangunan pabrik baterai EV patungan yang sedang berlangsung antara Samsung SDI dan GM, serta tampilan dan modul kamera kendaraan.

Memang saat ini Samsung SDI dan GM sedang membangun pabrik EV di negara bagian Indiana, AS. Jika tidak ada halangan, pabrik tersebut akan mulai beroperasi pada tahun 2026.

Tak sedikit, pabrik tersebut akan menghasilkan kapasitas tahunan lebih dari 30 gigawatt per jam. Nantinya baterai tersebut akan dipasok untuk kendaraan listrik GM masa depan.

Selain Samsung, Barra juga berencana bertemu dengan para eksekutif LG Energy Solutions Ltd. di kemudian hari. GM dan LG Energy Solutions juga membangun pabrik baterai kendaraan listrik bersama yang terpisah di Michigan.