Susul Lyriq dan Celestiq, Cadillac Umumkan SUV Listrik Pertama Escalade IQ
Sebelumnya Cadillac merilis CELESTIQ sebagai flagship ultra mewah buatan tangan yang serba listrik sebagai andalan untuk masa depan kendaraan listrik mereka. (Dok. Cadillac)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen kendaraan mewah asal Amerika Serikat, Cadillac mengumumkan model Escalade EV pertama Cadillac Escalade IQ. Berarti, Escalade akan meneruskan petualangan di pasar SUV mewah selama lebih dari 20 tahun.

Dengan diumumkannya Escalade IQ, sekaligus menambah jajaran kendaraan listrik Cadillac setelah sebelumnya pabrikan mengumumkan Lyriq dan Celestiq mengisi segmen kendaraan listrik mewah.

Dilansir dari Inside EV, Senin, 22 Mei, Cadillac Escalade IQ diklaim akan menawarkan performa, teknologi, dan kemampuan memadai seperti halnya mobil Cadillac bermesin pembakaran internal.

Cadillac tidak memberikan rincian mengenai spesifikasi ataupun detail desain mengenai SUV besar ini, namun mereka mengatakan akan mengumumkannya pada akhir tahun ini.

Escalade IQ berkemungkinan akan menggunakan platform yang dibuat oleh General Motors, Ultium. Sama halnya seperti Lyriq dan Celestiq.

Penamaan "IQ" dikhususkan untuk model Cadillac bertenaga listrik. Seri IQ sudah memulai debut pada model Lyriq pada 2021 dan memulai masa produksinya pada Maret 2022.

Sebelumnya, rumor bahwa Escalade akan dibekali teknologi EV sudah ada sejak 2019 lalu. Saat itu, diperkirakan SUV tersebut dapat melaju hingga 643 km dalam baterai terisi penuh.

Dengan daya jangkau seperti itu, tersebar kabar bahwa Escalade EV akan memiliki baterai berkapasitas 200 kWh. Baterai berkapasitas besar ini amat cocok dengan ukuran SUV tiga baris dan tujuh kursi pada Escalade.

Namun, pabrikan yang berbasis di Detroit tersebut juga harus bersiap dengan kehadiran SUV listrik tiga baris rival yakni Rivian R1S, yang juga akan hadir dalam dua tahun ke depan.

Sementara, Ford juga mengisyaratkan akan membuat SUV listrik tiga baris yang diperkirakan akan menjadi penerus dari Ford Expedition.