Bagikan:

JAKARTA - Raksasa otomotif asal Amerika Serikat, General Motors, telah mengumumkan rencananya untuk memperkenalkan serangkaian model kendaraan listrik baru yang berbasis pada platform terbaru mereka, Ultium.

Meskipun telah meluncurkan beberapa model kendaraan listrik sebelumnya, GM berkomitmen untuk mengembangkan jajaran Battery Electric Vehicle (BEV) mereka secara substansial pada tahun ini dengan enam model terbaru. Ini mencakup dua varian Chevrolet Silverado EV, Chevrolet Blazer EV, Chevrolet Equinox EV, van BrightDrop Zevo 400, dan Cadillac Celestiq.

Dengan langkah ini, GM akan menggabungkan model-model ini dengan serangkaian kendaraan listrik yang telah ada, seperti Cadillac Lyriq, GMC Hummer EV, dan BrightDrop Zevo 600, sambil menggantikan Chevrolet Bolt EV yang akan mengakhiri produksinya pada Desember mendatang.

Melansir dari InsideEVs Senin, 14 Agustus, perusahaan menargetkan produksi beberapa model ini dengan Chevrolet Silverado EV dijadwalkan untuk memulai proses perakitan pada kuartal ketiga tahun ini, dengan pengiriman kepada pelanggan diharapkan segera menyusul.

Sementara itu, varian lain dari Silverado EV, yaitu Silverado EV RST First Edition, dijadwalkan akan memulai produksinya pada kuartal akhir 2023, bersama dengan BrightDrop Zevo 400, Chevrolet Equinox EV, dan Cadillac Celestiq.

Produksi Chevrolet Blazer EV saat ini sedang berlangsung dan diharapkan untuk memasuki tahap pengiriman pada akhir 2023 atau awal 2024.

Meskipun ada sedikit penundaan dari jadwal awal, rencana tersebut masih tetap berjalan. Sebagai contoh, Silverado EV yang awalnya diharapkan memulai produksi pada musim semi telah mengalami penundaan. Namun, GM telah memutuskan untuk melakukan transisi menuju kendaraan listrik secara bertahap, sambil terus melakukan pengembangan di pabrik-pabrik milik GM di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Dengan rencana ekspansi ini, GM berharap dapat menghasilkan keuntungan dari investasi besar-besaran yang telah mereka lakukan. Sebelumnya, GM juga memperkenalkan SUV listrik, Escalade IQ, yang akan diluncurkan di masa mendatang. Selain menawarkan dimensi besar seperti model konvensionalnya, mobil ini akan menonjolkan kemewahan dan ciri khas elegan dari merek Cadillac yang telah ditingkatkan.

Perubahan pada model ini tidak hanya berdampak pada desain, tetapi juga mencakup transformasi dalam hal interior, teknologi, dan fitur-fitur mewah yang lebih canggih.