Bagikan:

JAKARTA - Pertumbuhan kendaraan listrik tengah mengalami percepatan pesat saat ini, dan persiapan fasilitas serta infrastruktur menjadi kunci dalam memenuhi kebutuhan mobilitas yang semakin terelektrifikasi.

Sebagai pemain dalam mobilitas perkotaan di Indonesia, perusahaan startup Soul Parking telah mengalami kemajuan luar biasa dengan pertumbuhan pendapatan mencapai 100 kali lipat dalam tiga tahun terakhir.

Dengan dukungan dari investor awal AC Ventures, Soul Parking telah mencapai kemajuan signifikan, bahkan setelah melewati tantangan pandemi.

Kenneth Darmansjah, CEO Soul Parking, menyatakan bahwa pertumbuhan yang luar biasa ini merupakan hasil dari inovasi berkelanjutan perusahaan. Tujuan mereka adalah memberikan dampak besar bagi kehidupan perkotaan di Indonesia dan masa depan mobilitas perkotaan yang lebih efisien.

"Kami tak hanya mengatasi tantangan perkotaan saat ini, tetapi juga aktif membentuk masa depan yang menarik dan efisien bagi mobilitas di Indonesia," ujar Kenneth dalam pernyataan resminya pada Selasa, 15 Agustus.

Soul Parking adalah perusahaan Indonesia yang menyediakan solusi parkir untuk sepeda motor. Misi perusahaan ini adalah menjadi pelopor dalam mengubah wajah transportasi perkotaan di Indonesia.

Startup ini telah memperkenalkan model hardware-as-a-service sebagai bukti komitmennya dalam menyediakan solusi parkir yang terjangkau dan mudah diakses, dengan menyediakan penyewaan peralatan dan sistem parkir.

Dalam konteks mobilitas elektrifikasi, Soul Parking berperan sebagai pasar mobilitas menjelang revolusi mobil listrik (EV) di Indonesia. Saat ini, penggunaan sepeda motor listrik di Indonesia hanya menyumbang 0,2% dari pasar, dengan potensi untuk melampaui 10% dalam lima tahun mendatang jika pemangku kepentingan dari sektor publik dan swasta bekerja sama untuk mengembangkan lingkungan yang mendukung pertumbuhan kendaraan listrik di negara ini.

Soul Parking turut berkontribusi dalam percepatan adopsi EV massal di Indonesia dengan transformasi menjadi pusat pengisian EV skala nasional. Mereka menyediakan infrastruktur kunci dan fasilitas pengisian dan penyimpanan baterai untuk sepeda motor listrik.

Yang tak kalah penting, perusahaan ini memiliki komitmen kuat dalam memberikan pengalaman pengguna kelas dunia melalui aplikasi terintegrasi pada perangkat gawai. Pengguna dapat dengan mudah memesan tempat parkir, melakukan check-out lebih awal, melakukan pembayaran digital, dan kini menikmati layanan lokal seperti pengisian daya kendaraan listrik.