Aston Martin DB12 Volante, Mobil Super Tourer Terbaru dengan Atap Terbuka
Aston Martin DB12 Volante. (Dok. Aston Martin)

Bagikan:

JAKARTA - Aston Martin baru-baru ini mengungkapkan mobil terbaru kepada publik yang mengusung konsep "super tourer" pertama di dunia, yaitu DB12 di The Quail: A Motorsports Gathering pada Monterey Car Week.

Model terbaru dari Aston Martin ini hadir dalam varian Volante yang mengambil desain yang sangat indah dari saudara coupe-nya, namun dengan atap terbuka yang bisa memberikan sensasi tanpa batas.

Atap logam tetap telah digantikan oleh atap kain yang rumit, dengan delapan lapisan isolasi untuk menjaga keheningan dalam kabin selama perjalanan jauh yang biasanya dilakukan oleh mobil Grand Tourer (GT).

2

Dari rilis perusahaan, 14 Agustus, diketahui atap ini dapat dilipat dalam waktu 14 detik saat mobil berjalan dengan kecepatan hingga 50 km/jam, dan memerlukan waktu 16 detik untuk kembali naik. Menariknya, atap ini juga dapat dikendalikan dari luar mobil menggunakan kunci, selama pemilik berada dalam jarak dua meter dari mobil. Atap ini bahkan dapat dioperasikan saat mobil menghadapi angin kencang hingga 50 km/jam.

DB12 Volante akan dijual dengan atap hitam standar, tetapi para pelanggan juga dapat memesan atap merah, biru, atau hitam/perak dengan berbagai pilihan warna eksterior dan interior lainnya. Terlebih lagi, pelanggan dapat memesan sentuhan khusus dari departemen Q by Aston Martin yang bertanggung jawab atas pembuatan mobil yang sangat disesuaikan sesuai dengan keinginan para pembeli berduit.

Seperti coupe-nya, mobil convertible 2+2 ini mengandalkan mesin V8 twin-turbo 4.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 671 dk dan torsi 800 Nm. Mobil ini hanya memerlukan 3.7 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam, sehingga hanya terpaut satu persepuluh detik lebih lambat daripada versi coupe standarnya. Dengan kecepatan puncak mencapai 325 km/jam, mobil ini tetap memberikan performa yang luar biasa.

Tenaga tersebut diarahkan ke roda melalui transmisi otomatis delapan percepatan yang terletak di bagian belakang, yang bekerja sama dengan differential belakang terbatas elektronik dan prop shaft dari serat karbon.

Pengereman diatur oleh cakram depan 400 mm dan cakram belakang 360 mm yang dipasang sebagai standar. Namun, Aston Martin juga menawarkan pilihan kit rem karbon keramik opsional yang mengurangi berat hingga 27 kilogram. DB12 Volante juga dilengkapi roda 21 inci yang diperkuat dengan ban Michelin Pilot Sport 5 yang telah disesuaikan.

3

Sama seperti coupe, DB12 Volante memiliki sistem infotainmen baru dari Aston Martin dengan layar sentuh 10.25 inci yang mendukung konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay tanpa kabel. Sistem multimedia ini dilengkapi dengan kontrol konvensional untuk fungsi-fungsi yang sering digunakan, termasuk pemanasan dan ventilasi. Pecinta audio dapat meningkatkan sistem suara standar 11-speaker dengan daya 390 watt menjadi setup Bowers & Wilkins 15-speaker dengan daya 1,170 watt.

Mobil mewah ini diperkirakan dijual mulai 265.000 dolar AS atau lebih dari Rp4 miliar. Aston Martin DB12 Volante akan memasuki produksi pada kuartal ketiga tahun ini. Pengiriman pertama kepada pelanggan dijadwalkan akan dilakukan pada kuartal keempat tahun 2023.