Aston Martin Rayakan 60 Tahun DB5 sebagai Ikon Mobil Paling Terkenal Dunia
DB5 dan DB12. (Dok. Aston Martin)

Bagikan:

JAKARTA - Aston Martin merayakan ulang tahun ke-60 mobil ikoniknya, DB5, hari ini, yang telah menjadi simbol budaya, desain, dan inovasi Britania Raya serta memperkuat posisi Aston Martin sebagai merek mewah yang paling diidamkan di Inggris.

DB5 tetap menjadi salah satu mobil yang paling dikenal dan diingat di seluruh dunia. Mobil ini menjadi sorotan utama dalam kehadiran Aston Martin di festival Goodwood Revival di Sussex akhir pekan lalu, bersama dengan model terbaru dari keluarga DB, yaitu DB12, yang merupakan Super Tourer pertama di dunia. Untuk merayakan peringatan bersejarah ini, keduanya difoto bersama versi modernnya, DB12 dalam gambar-gambar yang dirilis hari ini.

4

Dalam merayakan usia 60 tahun DB5, Lawrence Stroll, Chairman Eksekutif Aston Martin, yang juga merupakan pemilik DB5, mengakui peran penting mobil ini dalam sejarah merek tersebut. DB5 telah menjadi landasan bagi identitas Aston Martin sebagai merek mewah Inggris yang terkait dengan gaya, performa, dan eksklusivitas.

“Sangat tepat saat kita menginjak usia 60 tahun, kita meluangkan waktu sejenak untuk melihat ke belakang dan merenungkan peran luar biasa mobil ini dalam sejarah 110 tahun sejarah perusahaan. Kami sangat bangga bahwa garis keturunan DB terus berlanjut hingga saat ini dengan DB12 yang diakui secara kritis, yang sama seperti yang ada sebelumnya, merupakan perayaan atas semua yang kami sukai dari mobil sport buatan tangan Inggris, dengan suntikan baru dari teknologi terkini dan tingkat performa tertinggi," katanya dalam ruang media perusahaan, Rabu, 13 September.

Tentu saja, ada salah satu pemilik fiktif dan agen rahasia paling terkenal turut berperan mempopulerkan mobil ini dengan pernah berada di balik kemudi DB5 dalam serangkaian film James Bond selama lebih dari setengah abad. Tetapi 007 bukan satu-satunya selebriti yang pernah terlihat mengemudi mobil Aston Martin yang kini menjadi ikon ini.

4

DB5 membuat debutnya pada tahun 1963, dan dalam waktu singkat, mobil ini menjadi sangat populer di kalangan selebriti terkenal. Bintang-bintang seperti The Beatles' Sir Paul McCartney dan George Harrison, serta Mick Jagger dari Rolling Stone, memiliki DB5. Kesuksesan DB5 dan daya tariknya terhadap selebriti telah membantu Aston Martin menjadi merek otomotif global.

7

Meskipun hanya ada jumlah produksi terbatas pada saat itu, dengan hanya 887 unit DB5 sedan, 123 unit konvertibel, dan 12 unit shooting brake buatan khusus, mobil ini telah mencatatkan prestasi luar biasa dalam hal daya dan performa. DB5 memiliki mesin 4.0 liter yang menghasilkan 282 bhp, menjadikannya salah satu mobil GT 4 kursi reguler tercepat di dunia pada zamannya.

Dengan peringatan ini, Aston Martin terus menegaskan posisinya sebagai produsen mobil mewah dengan teknologi terbaru dan kinerja tertinggi. Generasi terbaru dari keluarga DB, DB12, terus mengikuti tradisi Aston Martin dalam hal performa, dinamika, teknik, dan teknologi.