Bagikan:

JAKARTA - Dalam pesta pembukaan pameran North American International Detroit Auto Show 2023, Ford menghadirkan Ford F-150 2024 dalam acara yang dikemas secara menarik.

Ford kembali memberikan sentuhan segar pada truk pickup andalannya, F-150, dengan berbagai perubahan menarik. Salah satu perubahan terkini yang paling mencolok adalah kehadiran pintu belakang (tailgate) baru yang keren.

Diketahui, F-Series telah meraih gelar truk terlaris di Amerika selama 46 tahun berturut-turut. Untuk pertama kalinya, F-Series akan dilengkapi dengan layar tampilan heads-up, dan akan menjadi yang pertama di Amerika Utara yang menawarkan layanan melacak kendaraan yang hilang.

"100% truk F-Series dibuat di Amerika." ungkap John Emmert, General Manager Ford Trucks, 12 September.

4
Jim Farley, CEO Ford Motor Company beserta jajaran manajemen saat meluncurkan F-150 2024 yang baru. (Dok. Ford)

Mesin dasar sebelumnya, yaitu mesin V6 3,3 liter, telah digantikan secara keseluruhan dengan mesin V6 EcoBoost 2,7 liter, sebuah unit twin-turbo yang menghasilkan 325 dk dan torsi 544 Nm (dibandingkan dengan 290 dk dan torsi 359 Nm dari mesin 3,3 liter sebelumnya).

Sisanya dari lini mesin tetap tidak berubah, mulai dari 2,7 liter EcoBoost hingga 3,5 liter EcoBoost, PowerBoost 3,5 liter yang ditemukan pada varian hybrid, High Output 3,5 liter milik Raptor, mesin V8 5,0 liter, hingga mesin supercharged V8 5,2 liter milik Raptor R yang menjadi puncaknya.

5

Menariknya, Ford Blue Cruise juga ditawarkan kepada pelanggan F-150 2024. Kini, pelanggan F-150 bisa mencobanya setelah uji coba gratis selama 90 hari dan kemudian dapat mengaktifkannya dengan dibebankan biaya secara tahunan atau bulanan sesuai kebutuhan.

Ford BlueCruise 1.2 juga telah memiliki kemampuan baru seperti Lane Change Assist – yang dapat melakukan pergantian jalur hands-free hanya dengan mengetuk lampu sein – dan In-Lane Repositioning untuk membantu menyesuaikan posisi kendaraan.

5

Ford terbaru juga sekarang memiliki pintu belakang (tailgate) Pro Access, sebuah komponen yang dapat dibuka dengan cara konvensional, dengan lipatan otomatis sebagai perpanjangan dari bak kendaraan.

Namun, berbeda dengan pintu belakang lainnya, bagian kecil pada pintu belakang ini hanya dapat dibuka ke sisi pengemudi, untuk memudahkan akses ke isi bak jika hanya ada satu orang di dalam truk.

Ford juga mengatakan penjualan truk varian hybrid telah meningkat 28,1% pada paruh pertama tahun ini, dan 10% dari seluruh F-150 yang terjual adalah hybrid, sehingga Ford berencana untuk menggandakan jumlah truk hybrid yang diproduksi untuk model tahun 2024