Truk Pikap Berusia 83 Tahun Terpilih sebagai Truk Pikap Paling Indah di Dunia
Truk pikap Ford 1940. (Dok. Khan Media/Carbuzz)

Bagikan:

JAKARTA - Bukan rahasia jika warga Amerika Serikat adalah pencinta truk pikap paling banyak di dunia. Penjualan truk pikap di AS selalu kuat, diiringi dengan pabrikan yang terus-menerus menghadirkan edisi khusus setiap tahunnya.

Dilansir dari Carbuzz, 18 September, pameran Grand National Truck Show yang baru berlangsung di California 16-17 September 2023 dihadiri 200 truk pikap beserta pemiliknya, sementara 20 van kustom (dibangun pada tahun 1970-an dan 1980-an) juga dipamerkan. Namun yang menjadi pusat perhatian pada acara ini adalah pemilihan "2023 World’s Most Beautiful Truck".

Ada lebih dari 17 truk pikap kustom, mulai dari model-model awal hingga pikap truk terbaru yang ikut berkompetisi, tetapi truk pikap Ford 1940 adalah juaranya dan berhak membawa hadiah sebesar 12.500 dolar AS atau sekitar Rp192 juta.

4

Truk pikap Ford 1940 ini merupakan pendahulu atau cikal bakal dari F-150 yang ada saat ini, dimodifikasi secara detail oleh South City Rod & Custom dan mampu menggabungkan dua kategori otomotif favorit di Amerika yaitu truk dan hot-rodding.

Seluruh bodi logam dilapisi dengan cat Glasurit Ornament Green yang berkilau terlihat baru dan bersinar. Lekukan bodi dari depan hingga bentuk bak didesain dengan elegan, juga kisi-kisi pada kap mesin dan tutup roda yang dilapisi krom dan ban putih adalah hiasan sempurna pada truk kustom yang rapi ini.

4

Pikap truk yang dimiliki oleh Greg Tidwell ini, juga memiliki mesin bertenaga yang cocok dengan keindahan luarnya, dibekali mesin "Extreme" 6.3 liter dari Smeding Performance dengan tenaga sebesar 450 dk, truk berusia 83 tahun ini mampu sekuat F-150 Raptor yang ditenagai oleh mesin V6.

"Respon terhadap acara ini sungguh luar biasa. Kami sangat terkesan dengan beragamnya truk, SUV, dan van yang hadir dalam acara tahun pertama ini. Jelas bahwa orang-orang sangat mencintai truk-truk ini, dan kami tidak bisa meminta cara yang lebih baik untuk memulai acara baru ini. Saya sudah sangat bersemangat untuk tahun depan," pungkas John Buck, produser dari Grand National Truck Show.