Bagikan:

JAKARTA - Model truk pikap seperti Ford F-150, Ram 1500, dan Chevrolet Silverado, dikenal sebagai kendaraan tangguh yang mampu melewati berbagai medan baik on-road maupun off-road.

Namun, siapa yang menyangka bahwa ketiga model ini mendapatkan predikat terburuk dalam hal keselamatan.

Hal ini dibuktikan dari hasil uji coba oleh lembaga Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) 2023, badan independen bergerak dalam keselamatan jalan raya di AS.

IIHS mengelompokkan hasil uji coba ke dalam empat peringkat ‘Good’, ‘Acceptable’, ‘Marginal’, dan ‘Poor’ dengan tahap uji mulai ‘Tes Depan Tumpang Tindih Sedang’ dan ‘Tes Tabrak Samping yang Diperbarui’.

Dilansir dari Drive, Senin, 27 November, IIHS memberi nilai ‘Good’ pada dua pikap, yakni Ford F-150 dan Ram 1500 serta ‘Acceptable’ untuk Chevrolet Silverado dalam Tes Tabrak Samping yang Diperbarui.

7

Namun, untuk Tes Depan Tumpang Tindih Sedang, ketiga truk pikap tersebut mendapat penilaian ‘Poor’ atau buruk. Hal ini dikarenakan sabuk pengaman pada lini model tersebut dianggap tidak memadai.

“Seperti kebanyakan kelas kendaraan lainnya, pikap berukuran besar tidak memiliki performa yang baik dalam uji Tumpang Tindih Sedang yang baru dibandingkan pada Tes Tabrak Samping Terbaru,” kata David Harkey, selaku Presiden IIHS.

Tes Depan Tumpang Tindih Sedang terutama dirancang untuk menilai keselamatan penumpang baris kedua setelah data menunjukkan penumpang kursi belakang lebih mungkin terluka dibandingkan penumpang baris depan.

Dalam tes tersebut, pihak Lembaga menggunakan boneka uji tabrak di baris kedua, di belakang jok pengemudi berukuran anak berusia 12 tahun. Menurut laporan, boneka pada F-150 dan Ram 1500 menunjukkan bahwa kemungkinan besar terjadi cedera dada, kepala, dan leher.