Toyota dan Suzuki Siapkan Peluncuran Toyota Urban Cruiser Taisor di India
Toyota Urban Cruiser Taisor. (Dok. GaadiWaadi)

Bagikan:

Jakarta - Bukan lagi rahasia bahwa Suzuki dan Toyota telah menjalin kemitraan erat di India, yang memungkinkan keduanya berbagi platform model untuk mengurangi biaya riset dan pengembangan kendaraan baru.

Hasil dari kerjasama ini telah menghasilkan beberapa model yang populer, seperti Ertiga dan Rumion, Baleno dan Glanza, serta Invicto dan Innova Hycross. Sekarang, kerjasama ini akan melahirkan Toyota Urban Cruiser Taisor, sebuah SUV kompak bergaya coupe yang berbasis pada Suzuki Fronx. Mobil ini akan segera diluncurkan di pasar India.

Dilansir dari GaadiWaadi, Senin, 18 September, Urban Cruiser Taisor akan mengadopsi bahasa desain yang mirip dengan Fronx, tetapi dengan kemungkinan perubahan di bagian depan. Di bagian belakang, mobil ini akan memiliki desain yang hampir serupa dengan Fronx, tetapi akan dilengkapi dengan logo Toyota. Garis atap yang landai dan lampu belakang LED yang terhubung akan memberikan tampilan estetika yang modern, memberikan kesan semi-premium.

Masuk ke dalam kabin, Toyota kemungkinan besar tidak akan melakukan banyak perubahan pada desain interior, kecuali jika ada pergantian logo di setir kemudi. Fitur-fitur lain seperti layar sentuh 9 inci yang mengambang untuk sistem infotainment, head-up display, kamera 360 derajat, cruise control, serta kontrol stabilitas elektronik (ESP) juga akan tetap hadir.

Urban Cruiser Taisor akan ditawarkan dengan dua pilihan mesin yang sama dengan Fronx, yakni mesin 1.200 cc dan mesin 1.000 cc turbo. Mesin 1.000 cc turbo mampu menghasilkan daya sebesar 98 dk dan torsi maksimum 147 Nm, dan akan hadir dengan dua opsi transmisi, yaitu manual lima percepatan dan otomatis enam percepatan.

Sementara itu, varian 1.200 cc akan menghasilkan tenaga sebesar 88 dk dan torsi puncak 113 Nm, dan juga akan ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual lima percepatan dan AMT lima percepatan.

Harga Toyota Urban Cruiser Taisor diperkirakan akan dimulai dari sekitar 800.000 rupee atau sekitar Rp147,7 jutaan. Mobil ini akan menjadi pesaing serius dalam segmen SUV kompak di India, bersaing dengan model-model seperti Kia Sonet, Nissan Magnite, dan Mahindra XUV300. Segmen ini merupakan salah satu segmen paling berkembang dalam pasar otomotif India, dengan permintaan yang terus meningkat.