Bagikan:

JAKARTA - Toyota dan Suzuki telah menjalin kemitraan dalam mengembangkan beberapa model, khususnya untuk pasar India. Hal ini memungkinkan keduanya berbagi sasis dan komponen yang sama sesuai dengan persetujuan bersama.

Ini bertujuan untuk mengurangi biaya riset dan pengembangan. Kemitraan ini membuahkan hasil yang baik bagi Toyota setelah memperkenalkan beberapa model di negara tersebut dengan basis dari kendaraan Suzuki.

Mengutip Autocar India, Senin, 2 September, Toyota secara kumulatif memperoleh penjualan sebanyak 97.867 unit (naik 35 persen) dalam periode April dan Juli 2024. Dari jumlah tersebut, kendaraan berbasis Suzuki memperoleh 51.314 unit atau mewakili 52 persen dari keseluruhan.

Sejumlah kendaraan tersebut mencakup Glanza (berbasis dari Baleno), Urban Cruiser Taisor (berbasis Fronx), Rumion (berbasis Ertiga), dan Urban Cruiser Hyryder (dari Grand Vitara). Dengan demikian, ini menunjukkan tren baik dalam kebangkitan produsen mobil Jepang di India.

Dari data tersebut, SUV Urban Cruiser Hyryder terjual sebanyak 18.852 unit (naik 58 persen) dan menjadi model terlaris di antara kendaraan yang telah direbadge. Kemudian, disusul oleh Glanza sebanyak 17.851 unit (naik 4 persen).

Lalu, model Urban Cruiser Taisor menempati posisi ketiga dengan 8.005 unit dan Rumion berjumlah 6.606 unit.

Sejak diluncurkan, Rumion telah terjual lebih dari 12.500 unit pada tahun pertama hingga akhir Juli 2024. Kemudian, Glanza mencatat penjualan 178.886 unit sejak diluncurkan pada Juni 2019. Sementara, Hyryder yang diluncurkan pada September 2022 mendekati tonggak pencapaiannya hampir 100.000 unit.

Selama tahun 2024, Toyota di India berhasil memperoleh penjualan 245.676 unit (naik 42 persen) dengan 107.151 unit di antara dari kendaraan yang telah direbadge atau sumbang 43 persen dari keseluruhan.

Tidak hanya Toyota, Suzuki juga mengambil sejumlah basis Innova Hycross untuk Invicto yang diperkirakan telah terjual sekitar 5.363 unit sejak diluncurkan pada Juli 2023 lalu hingga akhir Juli tahun ini.