Permintaan Tinggi, Toyota Investasi Hampir 400 Juta Dolar AS untuk Pabrik Baru di India
Kegiatan pengiriman kendaraan di pabrik Toyota. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Toyota mengumumkan rencananya untuk berinvestasi hampir 400 juta dolar AS dalam mendirikan fasilitas manufaktur ketiganya di India, sebagai respons terhadap lonjakan permintaan terhadap kendaraan mereka.

Dilansir dari Reuters, Selasa, 21 November, perusahaan menyatakan bahwa pabrik baru ini akan menciptakan 2.000 lapangan kerja baru dan diharapkan dapat memproduksi lebih dari 100.000 unit kendaraan per tahun, dengan rencana meningkat hingga 410.000 unit per tahun.

Lokasi pabrik baru ini akan berada di wilayah Karnataka, bagian Selatan India, di mana Toyota saat ini sudah memiliki dua pabrik.

Masakazu Yoshimura, Managing Director dan CEO Toyota Kirloskar Motor, menyatakan bahwa ekspansi pabrik ini dapat memberikan potensi pertumbuhan ekosistem pemasok lebih lanjut di India.

“Toyota terus menunjukkan sikap positif di pasar India,” kata Yoshimura.

Penjualan Toyota di India mengalami pertumbuhan signifikan berkat kemitraan strategis dengan Suzuki. Melalui kemitraan ini, keduanya memodifikasi dan menjual beberapa kendaraan yang awalnya dikembangkan bersama dengan merek masing-masing.

Saat ini, sekitar dua pertiga dari kapasitas produksi Toyota digunakan oleh Maruti Suzuki, mitra kerja mereka di India, untuk memproduksi kendaraan bagi keduanya.

Pentingnya, keputusan untuk membangun pabrik baru ini terjadi di tengah pertumbuhan ekonomi yang melambat di pasar Eropa dan Amerika Utara. Toyota juga menghadapi persaingan ketat dari produsen asal China di wilayah Asia Tenggara.