Bagikan:

JAKARTA - Toyota resmi berinvestasi sebesar 531 juta dolar AS (Rp8,7 triliunan) di Amerika Serikat (AS) dengan perluas lini produksi di Texas. Dengan demikian, pabrikan telah gelontorkan total investasi untuk pabrik ini sebanyak 4,7 miliar dolar AS (Rp77 triliunan).

Fasilitas baru seluas 500.000 kaki persegi ini akan didedikasikan untuk produksi suku cadang drivetrain dengan menghadirkan 400 lapangan kerja baru di wilayah San Antonio, Texas, AS tersebut.

“Kami bangga merayakan semangat tersebut dan stabilitas pekerjaan jangka panjang yang diwakili oleh investasi ini, dan kami sangat gembira menyambut 400 anggota tim baru di Toyota Texas,” kata Toyota Texas President Susann Kazunas, dalam laman resmi Toyota USA, Selasa, 25 Juni.

Selama hampir dua dekade, Toyota Texas telah memproduksi sejumlah truk pikap dan SUV. Pada tahun lalu, pabrik ini telah memproduksi lebih dari 181.000 unit kendaraan.

Investasi ini juga memperkuat fleksibilitas pabrik dengan teknologi manufaktur canggih seiring perusahaan memperluas beragam kemampuannya di seluruh operasinya di Amerika Utara.

“Stabilitas pekerjaan, pertumbuhan, dan gaji yang kompetitif adalah alasan saya menemukan minat untuk merakit truk di Toyota,” kata Toyota Texas Team Leader Christopher Rivera.

Pabrik tersebut telah merakit sejumlah model yang dijual di pasar AS, termasuk truk pikap tangguh Tundra dan SUV Sequoia ditawarkan berpenggerak hybrid.

Selain lini pabrik ini, Toyota juga meningkatkan kemampuan produksi pabrik di Amerika Serikat (AS) dengan menginvestasikan dana sebesar 282 juta dolar AS (Rp4,5 triliunan) untuk pabrik di Huntsville, Alabama pada awal Juni ini.

Perluasan lini pabrik dapat menambah lebih dari 350 lapangan kerja baru dengan stabilitas jangka panjang sekaligus menegaskan komitmen untuk menginvestasikan kembali keuntungan dalam operasinya di negeri paman sam.

Dengan investasi tersebut, pabrikan dari Jepang ini telah menghabiskan dana lebih dari 1,7 miliar dolar AS (Rp27,6 triliunan) pada Toyota Alabama. Pabrik tersebut sudah menjadi pembangkit tenaga mesin dan perusahaan menambah lini baru untuk produk drivetrain.

Saat ini, pabrik Huntsville milik Toyota Alabama telah memasok mesin ke tujuh pabrik kendaraan Toyota di Amerika Utara, yang menggerakkan model seperti Corolla, Corolla Cross, Highlander, RAV4, Sequoia, Sienna, Tacoma, dan Tundra.