Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan mobil asal Amerika Serikat (AS), Ford, telah resmi meluncurkan F-150 terbaru di pameran North American International Detroit Auto Show 2023 dengan sejumlah penyegaran yang membuatnya tampil lebih modern.

Perubahan untuk model 2024 ini tidak terlalu mencolok dan Ford jelas amat berhati-hati untuk merevolusinya mengingat F-Series telah meraih gelar pikap truk terlaris di Amerika selama 46 tahun berturut-turut.

Salah satu alasan kenapa pikap truk ini laris di pasaran adalah kekokohan dan ketangguhannya di segala medan. Menurut Ford, dalam rilis perusahaan, 12 September, F-150 buatan Ford memiliki fondasi kokoh yang terdiri dari rangka baja berkekuatan tinggi yang dipadukan dengan bodi paduan aluminium berkekuatan tinggi kelas militer. Ini memungkinkan F-150 untuk menjadi truk pikap dengan kapasitas muatan terbaik di kelasnya dan kemampuan penarik (towing) maksimal.

5
Muatan maksimum F-150 mencapai 1,1 ton. (Dok. Ford)

Sejak debutnya pada tahun 2021, platform yang menjadi landasan pikap truk ini telah menjalani lebih dari 6 juta km uji ketahanan "Built Ford Tough" dalam berbagai kondisi ekstrem di Amerika Utara. Pikap truk ini diuji secara ekstensif, termasuk uji di lingkungan yang panas dan dingin, berkerikil, off-road, dan jarak tempuh jauh, semuanya dengan muatan penuh dan penarikan beban maksimal.

“Ford Tough yang dibangun lebih dari sekedar motto; itu adalah janji kami untuk selalu berusaha lebih keras dan tidak pernah berhenti memenuhi harapan pemilik F-150. Kami melihatnya sebagai tugas kami untuk memberikan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan kami, bahkan jika mereka menganggapnya mustahil," kata John Emmert, General Manager Ford Trucks, 12 September.

Ford F-150 terbaru juga dilengkapi dengan 10 sistem bantu pengemudi dan sistem Ford Stolen Vehicle Services yang terintegrasi dengan aplikasi Ford. Hal ini memungkinkan pemilik kendaraan untuk mendeteksi jika mobil mereka dicuri dan menghubungi pihak berwenang dalam waktu 30 detik.

Mengenai harga, Ford F-150 2024 dibanderol mulai dari 38.565 dolar AS atau sekitar Rp592,5 jutaan. Sementara itu, varian tertinggi, Raptor R, memiliki harga mencapai 118.590 dolar AS atau sekitar Rp1,8 miliar.