Bagikan:

JAKARTA - Di negara asalnya, Ford dikenal sebagai produsen otomotif yang piawai menghadirkan kendaraan pikap tangguh dan bertenaga besar. Ini dibuktikan dengan perusahaan yang merilis F-150 Raptor R sebagai pikap paling bertenaga dari perusahaan.

Dilansir dari Motor1, Rabu, 20 Desember, Ford merilis F-150 Raptor R untuk model tahun 2024 yang kini memiliki tampilan lebih persegi, dan di bagian belakang, beberapa level trim mendapatkan Pro Access Tailgate yang canggih.

Nah menariknya, mesin berkapasitas 5,2 liter supercharged V8 konvensional kini dapat memproduksi tenaga mencapai 720 dk dengan torsi maksimal 867 Nm atau jauh lebih bertenaga 20 dk dibandingkan dengan versi sebelumnya, serta lebih unggul 18 dk lebih banyak daripada pikap paling bertenaga di dunia sebelumnya yakni Ram TRX 2024, yang pensiun tahun ini bersama dengan mesin V8 Hellcat supercharged 6.2 liter.

Perlu diketahui, mesin yang diusung pada Raptor R digunakan juga pada salah satu muscle car andalan Ford, Mustang Shelby GT500 terbaru, yang dapat menghasilkan tenaga mencapai 760 dk.

Nah, peningkatan tenaga 20 dk ini untuk model 2024 disebutkan dalam rilis perusahaan, 20 Desember, dari kalibrasi mesin yang dioptimalkan dan "pengurangan saluran masuk udara", atau didapat dari perubahan pada kap mesin dan panel penutup bodi untuk lebih banyak aliran udara ke filter udara.

Model Raptor R telah menjalani debutnya sebagai pikap berpeforma tinggi sejak 14 tahun lalu dengan tenaga awal 310 dk dari mesin V8 5,4 liter dan 411 dk dari V8 6,2 liter. Warisan performa tinggi dan daya tahan Raptor terus menetapkan standar baru di segmen off-road berperforma tinggi karena memang model ini lahir terinspirasi dari balap gurun Baja, balapan off-road paling bergengsi di dunia yang diadakan di Semenanjung Baja California, Meksiko.

Tentunya, pikap truk ini diuji secara ekstensif, termasuk uji di lingkungan yang panas dan dingin, berkerikil, off-road, dan jarak tempuh jauh, semuanya dengan muatan penuh dan penarikan beban maksimal.

Untuk diketahui, F-150 Raptor R ini masuk ke dalam F-Series yang memiliki gelar sebagai pikap terlaris di AS dalam 46 tahun berturut-turut. Salah satu alasan kenapa F-Series laris di pasaran adalah kekokohan dan ketangguhannya di segala medan.

Untuk harganya, Raptor R dibanderol dengan harga mencapai 118.590 dolar AS atau setara dengan Rp1,8 miliaran.