Ford Hadirkan Ranger Raptor Terbaru Siap Libas Segala Medan
Ford Ranger Raptor 2024. (Dok. Ford)

Bagikan:

JAKARTA - Ford merilis generasi terbaru dari Ranger Raptor 2024 dengan beberapa pembaruan untuk meningkatkan performanya.

Carl Widmann, selaku Ford Performance Chie Engineer, mengungkapkan Ranger Raptor merupakan truk pikap berperforma tinggi yang diidamkan oleh pelanggan.

"Ranger Raptop cepat, nyaman, dan dikemas secara berkelas, dan teknologi terarah yang dirancang untuk performa. Ini Ranger paling nakal yang pernah kami produksi," ujar Widmann dalam keterangan resmi.

Dari segi eksterior, Ford menyematkan lampu utama dan belakang LED. Di tengah bagian lampu, terdapat grill dengan bertuliskan F-O-R-D.

Ban yang dipakai ialah BFGoodrich all-terrain K03 33 inci dengan pelek 17 inci yang mampu melintasi jalanan bebatuan ataupun daerah berpasir. Ranger Raptor 2024 telah dilengkapi pelindung pada bagian bawah mobil agar melindungi mobil dari kerusakan akibat melintasi bebatuan.

Pabrikan meningkatkan juga bagian suspensi pada Ranger Raptor. Suspensi dibuat khusus dari aluminium upper yang ringan, lower control arms, dan long-travel suspensi belakang dapat membuat mobil melaju mulus di medan off-road.

Ford juga menyematkan FOX 2,5 inci Live Valve internal bypass, coil-covers pada bagian depan dan piggyback reservoir di bagian belakang untuk mengurangi panas komponen sehingga aman digunakan sepanjang hari.

Sistem FOX Live Valve Internal Bypass dapat mengubah kinerja redaman berdasarkan Mode Drive pada Ranger Raptor. Mode tersebut terdiri dari Normal, Tow, Sport, Slippery, Off-Road, Rock Crawl, dan Baja. Semua mode dikembangkan agar memberi kenyamanan ketika melaju di lintasan baik dalam kecepatan tinggi maupun rendah.

Kinerja suspensi tersebut juga didukung performa mesin yang hebat. Dengan dibekali jantung pacu twin-turbo 3,0 liter EcoBoost V6 yang menghasilkan 405 dk dan torsi 583 Nm.

Mesin EcoBoost yang ada pada Ranger Raptor ini dikawinkan dengan sistem transmisi SelectShift sepuluh percepatan otomatis dengan penggerak empat roda (4WD).

1
Interior Ranger Raptor 2024. (Dok. Car and Driver)

Untuk bagian dalam mobil, dilengkapi kluster instrumen digital 12,4 inci beresolusi tinggi serta layar sentuh tengah 12 inci yang disematkan sistem konektivitas gawai nirkabel SYNC 4A, Apple CarPlay, dan Android Auto. Ford juga menghadirkan sistem suara Bang & Olufsen yang mengesankan.

Fitur eksklusif lainnya ialah kamera 360 derajat dan kamera tampilan depan untuk membantu saat off-road, Zone Lighting untuk menerangi malam di lokasi terpencil, dan Pro Trailer Backup Assist.

Ranger Raptor 2024 akan diproduksi di pabrik Ford, Michigan dan pemesanan akan dimulai pada akhir Mei dan akan tersedia di jaringan diler masing-masing pada akhir musim panas ini.

Foto : Ford Ranger Raptor 2024 (sumber : Ford)