Tandingi Ford Ranger Raptor, Toyota Luncurkan Tacoma Model 2024
Toyota Tacoma model 2024. (Toyota USA)

Bagikan:

JAKARTA - Persaingan pabrikan di segmen truk pikap sedang ramai dibicarakan. Setelah Ford meluncurkan Ranger Raptor dan GMC dengan Canyon, Toyota meluncurkan generasi terbaru dari Tacoma model 2024.

Setelah pabrikan merilis beberapa bentuk atau mesin dari pikap ini, Toyota menghadirkan Tacoma terbaru dalam beberapa versi, seperti dengan powertrain hybrid dan level trim Trailhunter yang kuat.

Dilansir dari Motor1, Kamis, 18 Mei, Tacoma dihadirkan dari empat pilihan mesin. Yang pertama, ialah yang terbawah, SR mendapatkan mesin 2,4 liter 4-silinder turbocharged terbaru yang dapat menghasilkan daya 228 dk dan torsi 329 Nm dengan kombinasi transmisi otomatis delapan percepatan.

Bila pelanggan belum puas, Toyota menawarkan versi peningkatan, yakni SR5 yang mendapatkan tenaga tambahan dengan mesin turbocharged yang sama seperti SR dengan kekuatan 270 dk dan 420 Nm dengan transmisi enam percepatan.

Ada juga versi peningkatan, dengan transmisi delapan percepatan otomatis yang dapat menghasilkan daya 278 dk dan 430 Nm.

Opsi terakhir untuk pilihan mesin, yakni hybrid dengan teknologi I-Force Max yang sudah ada pada saudaranya, Toyota Tundra. Dengan mesin 2,4 liter turbocharged digabungkan dengan motor listrik 48 dk sama baterai belakang 1,9 kWh, Tundra versi hybrid bertenaga 326 dk dan torsi puncak 630 Nm.

Dengan mesin tertingginya, Toyota Tundra Hybrid memiliki torsi yang lebih besar daripada pesaingnya, seperti Ford Ranger Raptor dan GMC Canyon yang sama-sama menghasilkan 583 Nm. Walaupun dari segi daya, Ranger Raptor lebih unggul dengan 405 dk yang bermesin enam silinder.

Tidak hanya terlihat tangguh dari segi mesin, melainkan juga dari segi penampilan. Dilengkapi grill khas Tacoma dari TRD Sport dengan emblem Toyota, meninggalkan kesan bahwa kendaraan tersebut merupakan mobil off-road milik Toyota.

Dengan didasari platform TNGA-F milik Toyota terbaru, platform ini menggunakan baja berkekuatan tinggi pada seluruh sasis dengan meningkatkan ketangguhannya. Peningkatan juga dilakukan pada bagian suspensi yang lebih kokoh.

Tidak ketinggalan, Toyota juga menghadirkan trim Trailhunter pada Tacoma 2024. Berbeda dari beberapa varian lainnya, mobil ini diatur khusus untuk medan yang berat. Dengan menggunakan suspensi Old Man Emu monotube 2,5 inci, Tacoma Trailhunter siap dilajukan di medan off-road.

Trim ini juga dilengkapi bemper baja yang kuat dengan beberapa pembaruan agar mobil tersebut terlihat kokoh ketika melintasi gundukan maupun lumpur.

Meskipun menawarkan spesifikasi yang menggiurkan, Toyota belum memberikan pernyataan terkait tanggal penjualan dan harga. Namun, mobil ini diharapkan untuk dijual pada 2023.