Fenomena Menarik Toyota Vellfire, di India Masa Tunggunya Bisa Lebih dari Satu Tahun
Toyota Vellfire 2023. (Dok. Toyota Global)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah resmi diluncurkan beberapa bulan lalu bersama dengan Alphard, Toyota Vellfire 2023 mewarnai jalan-jalan India sebagai MPV mewah yang memikat hati para eksekutif. Kendaraan yang diimpor (CBU) langsung dari Jepang ini memang menawarkan kemewahan yang tinggi, meskipun dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pasar asalnya di Negeri Matahari Terbit.

Vellfire 2023 secara garis besar mendapatkan sambutan hangat dari berbagai negara sejak peluncurannya secara global, terutama di India. Bahkan, MPV mewah ini dilaporkan dipesan amat banyak di negara ini, dilansir dari RushLane, Selasa, 12 September.

Dengan permintaan yang tinggi, masa tunggu untuk memboyong Vellfire bisa menjadi panjang, bahkan mencapai 14 bulan di beberapa daerah tertentu. Masa tunggu ini juga dapat bervariasi berdasarkan varian dan pilihan warna yang dipilih oleh pelanggan.

Di beberapa pasar, hanya ada sedikit unit yang tersedia untuk dikirimkan setiap bulannya. Bahkan di Jepang sendiri, masa tunggu bisa mencapai lebih dari 12 bulan karena tingginya permintaan. Beberapa diler di Jepang bahkan berhenti menerima pesanan untuk model ini karena ketidakmampuannya mengimbangi permintaan.

4

Toyota terpaksa harus memberikan fokus yang lebih besar pada pasar domestik dan ekspor, yang mengakibatkan meningkatnya masa tunggu ini. Namun, diharapkan bahwa diler yang berhenti menerima pesanan di Jepang akan dapat melanjutkan pemesanan Vellfire pada bulan April 2024.

Bukan hanya di India dan Jepang, namun hal serupa juga terjadi di pasar Malaysia. Permintaan yang melonjak untuk model Alphard atau Vellfire 2023 membuat beberapa diler kehabisan unit display untuk dipamerkan kepada pelanggan mereka.

Apa yang membuat Vellfire begitu menarik adalah desainnya yang megah dan dimensinya yang lapang. Meskipun tetap mempertahankan ciri khasnya, yakni grill besar, MPV ini terlihat lebih mempesona dengan air intake yang lebih besar, memberikan keunggulan aerodinamika.

Dengan desain yang mengusung tema "Forceful x Impact Luxury," bagian depan mobil ini tampil berbeda dari generasi sebelumnya. Lampu depan yang lebih tipis dan teratur memberikan sentuhan segar pada tampilan keseluruhan.

Dengan dimensi panjang 5.000 mm dan lebar 1.850 mm, Vellfire 2023 memberikan kenyamanan yang luar biasa bagi penumpang.

Tidak hanya tampilan luar, Vellfire 2023 juga dilengkapi dengan teknologi canggih seperti Intra-Lane Steering Assist, Deceleration Assist, Remote Park, Cruise Control, dan Lane Tracing Assist.

4

MPV ini hadir dengan mesin 2,4 liter turbo T24A-FTS yang lebih efisien dibandingkan dengan mesin 3,5 liter V6 pada versi sebelumnya. Mesin ini dipadukan dengan transmisi direct shift delapan percepatan dan sistem penggerak roda dua atau empat.

Versi hybrid dari All New Vellfire menggunakan mesin yang sama dengan Alphard, yaitu Series Parallel Hybrid System A25A-FXS 2,5 liter dengan transmisi e-CVT. Tersedia opsi penggerak roda dua atau empat.

Mengenai harga, Toyota Vellfire 2023 dibanderol dengan harga sekitar 10,2 hingga 10,3 juta rupee, atau sekitar 1,89 miliar hingga Rp1,9 miliar. Ini merupakan pertama kalinya Vellfire melewati Alphard dalam hal harga di pasar global.