Toyota Isyaratkan Kehadiran Model Terbaru, Century Versi SUV?
Foto: Dok. Toyota

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa otomotif asal Jepang, Toyota, bersiap untuk menambah model ke dalam jajaran SUV-nya. Dikabarkan bahwa mobil ini memiliki desain mewah dengan dimensi yang luas.

SUV dengan nama Century tersebut dirumorkan akan diperkenalkan ke publik pada tahun ini. Ini makin diperkuat dengan tampilan siluet yang diperlihatkan pada presentasi all new Alphard dan Vellfire baru-baru ini, dengan menampilkan kendaraan tersebut mirip seperti Rolls-Royce Cullinan.

Kehadiran mobil mewah tersebut akan menjadi kenyataan setelah Chief Branding Officer Toyota, Simon Humphries, secara mengejutkan memberi isyarat mengenai Century terbaru yang memberikan pengalaman mengemudi terbaik dengan kemajuan perkembangan zaman.

"Saya berharap memiliki kesempatan untuk membagikan hasil dari cerita tersebut dengan tambahan baru untuk seri pengemudi Toyota. Ini tentu akan menjadi langkah mengesankan dalam misi kami untuk mengubah masa depan mobil," kata Simon yang dikutip dari carscoops, Sabtu 24 Juni.

SUV Century akan menjadi model yang menawarkan berbagai macam aspek, di antaranya ialah kenyamanan, kemewahan, dan teknologi. Kemungkinan mobil ini akan hadir dengan bentuk kap yang panjang serta bagian belakang yang memiliki karakteristik seperti Rolls-Royce.

Mobil ini nantinya akan dibangun di atas arsitektur TNGA-K, platform yang dikhususkan untuk kendaraan dengan dimensi besar milik Toyota seperti Toyota Highlander, Lexus TX, Toyota Alphard, dan Toyota Vellfire.

Diharapkan SUV ini dapat hadir dengan powertrain hybrid. Meskipun spesifikasi belum diketahui, namun diperkirakan Century versi crossover akan memakai mesin V8 4.968 cc yang berasal dari sedan generasi ketiga model tersebut dengan gabungan motor listrik yang dapat menghasilkan 375 dk.

Bila pabrikan ingin menghadirkan versi yang lebih efisien, maka Toyota akan membekali Century SUV dengan mesin 2,5 liter 4-silinder serta motor listrik ganda.

Diperkirakan, Century SUV akan diposisikan di atas crossover mewah lainnya, yakni Land Cruiser. Karena mobil tersebut hadir dengan kemewahan, maka harga yang masuk akal untuk SUV ini sekitar 15 juta yen atau Rp1,57 miliar.

Toyota mengonfirmasi bahwa Century SUV akan hadir pada 2023. Walaupun tidak memberikan detail tanggalnya, namun media lokal melaporkan bahwa mobil tersebut akan debut pada Agustus mendatang

Toyota Century merupakan sedan mewah yang memulai debutnya pada 1967. Model ini telah dihadirkan sebanyak tiga generasi. Generasi terbaru, yakni G60, dibanderol dengan harga 20 juta yen atau kisaran Rp2 miliar.