Bagikan:

JAKARTA - Toyota telah memperkenalkan generasi terbaru dari kendaraan super mewahnya, Century di pasar Jepang. Namun, pabrikan otomotif ternama ini juga memiliki rencana untuk hadirkan varian GRMN atau yang tertinggi.

Chairman Toyota Motor Corporation (TMC) Akio Toyoda, mengatakan bahwa model tersebut mulai akan diproduksi dan tidak hanya hadir di Jepang, melainkan juga di pasar luar seperti China.

“Selanjutnya, saya ingin membuat GRMN yang dapat dikendarai oleh banyak orang dari seluruh dunia,” kata Toyoda dikutip Carscoops, Sabtu, 24 Agustus.

Untuk saat ini, Century GRMN hanya tersedia satu unit yang hanya dimiliki oleh Toyoda. SUV super mewah ini juga dipamerkan sebagai bagian dari koleksi mobil miliknya dalam gelaran Tokyo Auto Salon pada Januari lalu.

Meskipun spesifikasinya belum diungkap, Century GRMN menonjolkan body kit yang didesain ulang dengan beberapa elemen memperlihatkan serat karbon yang dikenal memiliki bobot ringan. SUV tersebut juga dilengkapi dengan satu set pelek hitam sporty berwarna 22 inci.

7

5

Karena GRMN merupakan kelas tertinggi dalam jajaran kendaraan berperforma tinggi Toyota, Century tersebut diperkirakan akan dilengkapi suspensi lebih sporty, pengereman ditingkatkan, dan mesin lebih bertenaga.

Century standar dilengkapi dengan mesin V6 3,5 liter yang mengusung sistem plug-in hybrid (PHEV), sehingga dapat menghasilkan tenaga 406 dk melalui girboks e-CVT dan sistem E-Four Advanced AWD yang dikembangkan oleh Toyota.

Sistem PHEV baru ini juga dirancang untuk berfungsi sebagai BEV untuk penggunaan sehari-hari dan sebagai HEV untuk perjalanan jarak jauh.

Versi standar dari SUV ini dirakit di Tahara Plant, Jepang dan diproduksi hanya 30 unit per bulan. Century dibanderol dengan harga 25 juta yen atau setara Rp2,667 miliar. Mobil ini dinilai cocok untuk para konglomerat maupun keluarga kerajaan.