Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota, resmi memperkenalkan model Century terbaru. Sama seperti rumor yang berkembang, Century dihadirkan dalam wujud SUV.

Model Century dikenal sebagai kendaraan paling premium yang dimiliki Toyota. Diperkenalkan sejak 1967, Toyota membuat terobosan dengan menciptakan kendaraan mewah yang tidak kalah dengan merek luar namun kental dengan nilai-nilai kultur Jepang.

Selama lebih dari empat dekade, Century menawarkan kemewahan, kenyamanan, dan ketenangan sebuah mobil baik ketika dikemudikan oleh sopir atau ketika dikendarai sendiri. Tak heran, Century selalu menjadi mobil paling favorit para sopir di Jepang, dinilai mampu mewujudkan semangat omotenashi, atau keramahtamahan yang tak tertandingi.

Toyota menghadirkan SUV mewah terbaru ini dengan desain yang elegan yang menunjukkan ciri khas dari seri tersebut. Namun, Toyota tentunya juga menghadirkan teknologi terkini di dalamnya.

Dilansir laman resmi Toyota Global, Rabu, 6 September, desain pada Century terlihat sangat megah dan anggun dengan panel pintu berukuran besar yang mengaliri bodi samping. Ukuran yang besar datang dari dimensi panjang 5.205 mm, lebar 1.990 mm, tinggi 1.805 mm, dan wheelbase 2.950 mm. Century tersebut mampu menampung empat orang.

5

Toyota pun mampu menghadirkan desain detail yang rapi berkat keahlian para pengrajin dibidangnya. Dan Toyota masih mempertahankan lambang burung Phoenix yang menjadi ciri khasnya dan diukir dengan indah dan mewah.

Century dilapisi oleh warna eksterior berwarna hitam yang elegan dengan aksen krom pada bodi dan lampu LED yang memberikan pencahayaan maksimal. Sementara, detail seperti penyematan lampu dan elemen mewah pada pilar D, serta karakter elegan yang kuat, menjadikan Century SUV memiliki kesamaan dalam bahasa desain dengan Rolls-Royce Cullinan.

5

Century baru menyediakan ruang interior yang nyaman dan lapang dengan fungsi yang dapat digunakan dalam berbagai situasi. Kursi belakang juga dapat direbahkan sepenuhnya memungkinkan penumpang di kursi belakang benar-benar rileks. Pintu belakang yang terbuka lebar dengan sudut 75 derajat dan lantai kabin yang luas memberikan kemudahan masuk dan keluar mobil dengan sangat baik. Selain itu, power step otomatis yang dapat ditarik dan pegangan pilar C yang mudah digenggam juga memberi kemudahan.

5

Lalu, ruang kemudi juga didesain senyaman mungkin dilengkapi dengan fungsi dan fitur yang mendukung untuk fokus baik ketika mobil dikemudikan oleh sopir atau ketika pemilik sendiri yang mengemudikannya.

Toyota sepertinya memasukkan model Century ke dalam jajaran elektrifikasinya. Sebab, mobil mewah ini dibekali sistem Plug-in Hybrid (PHEV) mesin 3,5 liter V6, yang menghasilkan performa bertenaga sekaligus mempertahankan pengendaraan senyap yang cocok untuk Century. Sistem PHEV baru ini juga dirancang untuk berfungsi sebagai BEV untuk penggunaan sehari-hari dan sebagai HEV untuk perjalanan jarak jauh. Mesin tersebut bekerja sama dengan transmisi e-CVT tang dikembangkan oleh Toyota dengan sistem penggerak semua roda atau E-Four Advanced.

Diplot sebagai kendaraan mewah bagi para konglomerat maupun keluarga kerajaan, mobil yang diproduksi di Tahara Plant ini dibanderol sebesar 25 juta yen atau setara Rp2,6 miliar. Century hanya akan tersedia di beberapa jaringan diler khusus di Jepang dan penjualannya juga terbatas hanya 30 unit per bulan.