Aston Martin Rilis Vantage 2025 yang Lebih Bertenaga, Canggih, dan Lebih Gagah dari Sebelumnya
Aston Martin Vantage 2025. (Dok. Aston Martin)

Bagikan:

JAKARTA - Aston Martin merilis Vantage terbaru pada hari ini, 12 Februari. Vantage menegaskan kembali posisi merek di pasar mobil sport ultra-mewah dan berperforma tinggi.

Pengumuman Vantage baru ini mengikuti kesuksesan pengenalan DB12 Coupe dan Volante tahun lalu yang semakin memperkuat generasi mobil sport Aston Martin berikutnya.

7

Dalam rilis perusahaan disebut Vantage terbaru melanjutkan garis desain yang dapat ditelusuri kembali ke tahun 1950, ketika nama Vantage pertama kali digunakan untuk menunjukkan paket mesin yang ditingkatkan untuk DB2 yang telah terbukti di balapan. 

Vantage pertama kali diterapkan sebagai sebutan model pada tahun 1964, ketika versi DB5 berlencana Vantage berperforma tinggi menjadi andalan baru dalam jajaran tersebut. Namun model Vantage yang berdiri sendiri baru diperkenalkan pada awal tahun 1970-an. Identik dengan gaya yang sempurna, performa yang tak terlupakan, dan karakter yang tak ada bandingannya, Vantage mewujudkan kualitas mobil sport terkenal.

Secara garis besar perubahan yang ada pada Vantage terbaru meliputi peningkatan tenaga pada mesin, dengan peningkatan sejalan pada perangkat keras sasis dan teknologi bantu pengemudi, serta pembaruan menyeluruh pada kabin.

Tenaga Lebih, Mesin Sama

6

Vantage dibekali mesin V8 twin-turbo 4.0 liter yang dipasok oleh AMG dengan daya dan torsi meningkat secara signifikan. Tenaga puncaknya kini sebesar 665PS dan torsi luar biasa sebesar 800Nm, atau mengalami lonjakan tenaga dan torsi terbesar yang pernah ada dibandingkan model sebelumnya sebesar 155PS dan 115Nm yang setara dengan peningkatan masing-masing sebesar 30 persen dan 15 persen.

Sebagai hasilnya, akselerasi 0-96 km/jam menjadi 3.4 detik dan kecepatan maksimum diklaim mencapai 325 km/jam. Semua disalurkan ke roda belakang saja melalui transmisi otomatis delapan percepatan ZF yang sudah teruji.

Dari spesifikasi mesin ini, daftar rival Vantage menjadi sangat kompetitif dan mencakup Porsche 911, Mercedes-AMG GT, Bentley Continental GT dan Ferrari Roma.

Penampilan Serupa, Detail Baru

8

Vantage baru ini telah diberi sedikit sentuhan desain yang disalin dari mobil generasi sebelumnya. Bodinya menjadi 30mm lebih lebar dan grillnya hampir 40% lebih besar. Jika diperhatikan dengan cermat, splitter depan juga lebih lebar, saringan udara tambahan di bagian depan, ujung knalpot yang lebih besar, dan desain lampu depan LED Matrix baru.

Yang terakhir ini berbeda secara signifikan dari lampu yang lebih kecil dan lebih sempit pada mobil lama, memberikan tampilan depan Vantage baru ini yang jauh lebih sesuai dengan saudaranya yang lebih besar, DB12. Lebih lagi, sirip samping di sisi depan lebih menonjol dan ukuran roda standarnya meningkat menjadi 21 inci.

Kabin Baru Secara Keseluruhan

8

Jika perubahan pada eksterior adalah evolusi desain yang relatif ringan, peningkatan pada kabin jauh lebih signifikan karena Vantage baru ini dilengkapi dengan unit milik Aston yang pertama kali dilihat pada DB12. Jadi jelas ada peningkatan besar dibandingkan dengan sebelumnya, dengan fungsionalitas Apple CarPlay dan Android Auto, serta pemetaan 3D, integrasi What3Words, dan kemampuan untuk menghubungkan mobil dengan aplikasi resmi Aston Martin.

Untungnya, selain layar sentral berukuran 10.25 inci dan dashboard digital yang sama besarnya, Vantage masih dilengkapi dengan sejumlah besar tombol pintas dan dial yang seharusnya membuat penyesuaian fungsi saat berkendara menjadi lebih mudah daripada mengutak-atik layar sentuh. Dial start-stop mesin juga berfungsi sebagai pengontrol mode berkendara, sementara tombol untuk penyesuaian suspensi adaptif dan katup knalpot juga menempati posisi yang menonjol di konsol tengah. Sementara itu, posisi mengemudi terasa seperti pada Vantage sebelumnya dengan basis yang rendah dan lebar yang menatap ke atas kap mesin yang panjang.