Lanjutkan Tradisi DB11, Aston Martin Luncurkan DB12
Aston Martin DB12. (Dok. Aston Martin)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah penantian panjang, Aston Martin secara resmi merilis penerus dari DB11 yakni Aston Martin DB12. Peluncuran DB12 ini bertepatan dengan perayaan ulang tahun pabrikan ke-110 tahun dan ke-75 tahun dari lahirnya model DB.

Mobil yang disebut sebagai "Super Tourer" oleh pabrikan dklaim akan menawarkan pengalaman baru bagi pecinta Aston Martin.

Group Chief Technology Officer Aston Martin, Roberto Fedeli, mengatakan DB12 merupakan produk yang mengedepankan performa, dinamis, dan kecanggihan teknologi di dalamnya. Ia mengaku telah mendorong segala aspek yang dimiliki pabrikan agar mobil yang dirilis ini unggul dari pabrikan lain.

"Hasilnya adalah tenaga dan performa lebih dari para pesaing. Dikombinasikan dengan handling luar biasa ini adalah mobil dengan gairah dan karakter yang benar-benar sportif. Yang terpenting, berkat kemampuannya, kami telah mencapai ini tanpa mengorbankan kehalusan, kenyamanan, dan kemewahan," ucap Fedeli dilansir dari website resmi Aston Martin, Rabu, 24 Mei.

Sebagai penerus warisan, DB12 menampilkan eksterior bagian depan mobil yang didesain ulang, memiliki mesin dengan tenaga lebih besar dan kabin yang sepenuhnya didesain ulang.

Bagian depannya, meneruskan desain dari DB11 dengan bentuk moncong khas pabrikan dengan grill menyerupai kumis namun grillnya lebih menonjol, splitter, dan memiliki lampu depan LED yang didesain ulang. Pada bagian belakang, desain masih sama dengan DB11.Pabrikan juga menyematkan pelek forged 21 inci dengan ban Michelin Pilot Sport 5 S Tyres. 

Pada bagian interior, pabrikan mengusung desain kontemporer dipadukan desain klasik khas Aston Martin yang menawarkan kenyamanan super mewah. Bagian interior juga dilapisi kulit Alcantara yang memiliki kualitas terbaik dan pola terbaru dalam kabin agar pengemudi maupun penumpang merasakan kemewahan lebih.

DB12 memiliki sistem audio terbaru dari Bowers & Wilkins, dilengkapi sistem nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto yang telah tersambung dengan layar sentuh 10,25 inci ultra responsif.

2
Interior DB12

Aston Martin DB12 memiliki mesin V8 4,0 liter twin-turbo, yang dapat mengeluarkan daya sebesar 670 dk dan torsi 800 Nm. Dengan mesin tersebut, DB12 mampu menghasilkan top speed hingga 325 km/jam dengan kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik.

DB12 dijadwalkan akan dikirim pada kuartal ketiga 2023 namun untuk detail harganya belum dirilis.